Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Analis: Tiongkok Takut Memasok Jet Tempur ke Iran

Foto : Istimewa

Jet tempur Sukhoi Su-35S dari tim aerobatik Russkiye Vityazi (Ksatria Rusia) tampil pada pertunjukan udara MAKS 2021 di Zhukovsky, di luar Moskow, Rusia, 25 Juli 2021.

A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING - Iklim politik antara Iran dan dua sekutu utamanya, Rusia dan Tiongkok, meski sering berkolaborasi sejumlah bidang, belum menghasilkan kemajuan signifikan dalam persenjataan udara Iran yang semakin menua. Faktor penting yang berkontribusi terhadap kehati-hatian Rusia dan Tiongkok adalah lemahnya keseimbangan hubungan mereka dengan negara-negara Arab di Timur Tengah.

Dilansir oleh Iran International, banyak negara Arab telah menyatakan kegelisahan dan penolakan mereka terhadap pembelian jet tempur Iran, karena khawatir hal itu dapat mengubah keseimbangan kekuatan di wilayah tersebut. Kekhawatiran ini mendorong Rusia dan Tiongkok untuk berhati-hati, karena mereka tidak ingin merusak hubungan mereka dengan mitra dagang utama Arab.

Sebelumnya, upaya Iran untuk mendapatkan pesawat tempur canggih dari sekutunya, Rusia, untuk memodernisasi armadanya yang sudah tua telah menghadapi banyak rintangan, sehingga membuat rezim tersebut berada dalam ketidakpastian.

Meskipun Iran baru-baru ini menerima pengiriman sejumlah pesawat latih pilot Yakovlev Yak-130 buatan Rusia, pesawat latih jet ringan ini masih jauh dari kemampuan pesawat tempur superioritas udara bermesin ganda milik Rusia, seperti Sukhoi Su-35, yang pernah diincar Iran selama bertahun-tahun.

Untuk waktu yang cukup lama, Iran telah membuat pengumuman tentang pengiriman jet tempur Su-35 "segera". Namun, harapan untuk memperoleh pesawat canggih ini pupus ketika Menteri Pertahanan Iran mengkonfirmasi pada Juli bahwa kesepakatan tersebut telah gagal . Selain itu, klaim Iran mengenai kemampuan produksi dalam negeri untuk pesawat tempur tersebut belum terwujud. Meskipun Iran telah memasok drone kamikaze kepada Rusia untuk perangnya melawan Ukraina, upaya ini telah menyebabkan beberapa kali sanksi terhadap rezim Iran.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Selocahyo Basoeki Utomo S
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top