Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Ada Apa Ini? Indonesia Batal Beli Sukhoi-35 Rusia Malah Ganti Beli Rafale Perancis dan F-15 EX Amerika Serikat

Foto : Istimewa

Sukhoi Su-35

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Indonesia batal membeli pesawat tempur Sukhoi Su-35 Rusia, kata Kepala Staf Angkatan Udara Indonesia (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo. Sebagai gantinya, Indonesia memilih pesawat tempur Dassault Rafale Perancis dan pesawat tempur F-15 EX Amerika.

"Mengenai Sukhoi 35 dengan berat hati kita harus meninggalkan perencanaan itu," ujar Prasetyo di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (22/12) dikutip dari Russian Today Jumat (24/12).

KSAU berlasan, faktor anggaran menjadi alasan pemerintah Indonesia batal membeli Su-35 dan memilih Rafale dan F-15 EX.

"Pembangunan kekuatan udara sangat bergantung dari anggaran. Kalau yang bayar tidak mau ke sana, kita tidak bisa menyebut-nyebut terus. Jadi, arahnya ke Rafale," ujar Prasetyo.

Padahal kalau lihat data, rencana pembelian jet tempur Su-35 oleh Indonesia setidaknya telahdiwacanakan sejak 2014 silam. Pemerintah Indonesia berkali-kali bernegosiasi dengan Rusia, khususnya terkait sistem pembayaran dan transfer teknologi jet tempur canggih tersebut.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Eko S
Penulis : Eko S

Komentar

Komentar
()

Top