Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Kesehatan Masyarakat

37 Ribu Kasus TBC Terjadi di Ibu Kota

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Sebanyak 37 ribu Kasus Tuberkulosis (TBC) di Ibu Kota, Jakarta. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan pada 2030, Jakarta terbebas dari TBC.

"Komitmen tadi menggariskan bahwa Jakarta sebagai Ibu Kota harus bebas TBC sebelum tahun 2030. Menurut catatan, di Jakarta ada 37 ribu kasus TB tercatat. Itu tahun 2017. Kita berharap angka ini bisa menurun," ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (14/5).

Untuk itu, pihaknya melakukan penggalangan komitmen bersama para pemangku kepentingan, baik dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta maupun lembaga internasional untuk menguatkan cakupan dan kualitas imunisasi di Jakarta. Komitmen bersama ini diwujudkan dalam rencana aksi daerah menuju Jakarta bebas Tuberkulosis dan Pemenuhan Hak Sehat Anak melalui Imunisasi.

"Kita juga ini agar imunisasi, kita tingkatkan capaiannya hingga 90 persen. Kalau bisa sampai 100 persen total. Tentu capaian sekarang angkanya 78 persen. Dan kita berharap di tahun 2030 rencana program ini bisa tercapai," katanya.

Sebagai provinsi yang pertama menandatangani komitmen bersama kota bebas TBC, Anies ingin memastikan bahwa Jakarta benar-benar bebas tuberculosis. Dia menganggap, Jakarta masih memiliki potensi penyebaran TBC sehingga imunisasi memegang peranan penting dalam pencegahan penyakit TBC. "Komitmen ini harus kita tunaikan dengan sungguh-sungguh, jangan hanya ceremonial saja, melainkan aksi nyata di lapangan," imbuhnya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : M Husen Hamidy
Penulis : Peri Irawan

Komentar

Komentar
()

Top