Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
PERSPEKTIF

2021 Tahun Kebangkitan

Foto : ANTARA/HO.

Stok vaksin Covid-19 Provinsi Maluku tiba di Kota Ambon, Senin (4/1).

A   A   A   Pengaturan Font

Tanpa mengalahkan Covid-19 itu sendiri, semua program ekonomi dan sosial yang yang telah disusun pemerintah akan sia-sia.

Tahun 2020 telah kita lewati. Pahit getir sepanjang tahun telah kita lalui. Pandemi Covid-19 sejak awal 2020 yang telah menelan korban meninggal lebih dari 22.00 jiwa telah kita alami bersama.

Dampak Pandemi Covid-19 di bidang ekonomi cukup dahsyat. Meski hampir semua anggaran negara dialihkan untuk program Pemulihan Ekonomi Nasional, kontraksi ekonomi akibat dari pandemi Covid-19 tidak bisa dielakkan.

Pengangguran meningkat. Banyak orang kehilangan pekerjaan. Kalau toh masih tetap kerja, ada yang jam kerjanya berkurang. Tentu saja itu memegaruhi pendapatan mereka. Akibatnya daya beli menurun, terefleksi dari deflasi yang terjadi dalam beberapa bulan seperti dilaporkan Badan Pusat Statistik.

Tahun 2020 menjadi tahun ketidakpastian dan penuh tantangan. Semua itu telah kita lewati. Kini, kita memasuki 2021, yang kita harapkan sebagai awal tahun kebangkitan. Pandemi Covid-19 kini telah memasuki fase baru, fase vaksinasi. Namun, kita semua tidak bisa bergantung vaksin, ancaman tetap menghantui. Tingkat kepatuhan protokol kesehatan di beberapa wilayah cukup memprihatinkan. Tidak heran, jumlah kasus baru terus meningkat.

Apalagi kini dunia dihadapkan pada varian baru virus korona dari Inggris, VUI-202012/01, yang sifat penyebarannya lebih cepat dibanding SARS-CoV-2. Kabar terakhir, virus korona varian baru tersebut sudah terdeteksi di sejumlah negara di lima benua. Terbanyak di negara-negara Eropa Barat, kemudian Cile dan Kanada, Nigeria dan Afrika Selatan, serta di Australia.
Halaman Selanjutnya....

Komentar

Komentar
()

Top