Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Infrastruktur Perairan

2019, Proyek Waduk Kuningan di Jabar Rampung

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

BANDUNG - Pembangunan Waduk Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibereum, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat (Jabar) sudah mencapai 95,7 persen. Karenanya, target untuk diairi tahun ini kemungkinan besar terlaksana.

"Yang masih menjadi kendala adalah pembayaran uang pengganti bagi warga yang saat ini masih bertahan di kawasan sekitar waduk. Pembayaran sebenarnya sudah siap dibayar, namun masih perlu konsultasi apakah mereka bisa dibayar atau tidak. Sedang menunggu Perpresnya," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jabar, Linda Al-Amin di Kota Bandung, Kamis (4/4).

Linda mengatakan seluruh warga terdampak pembangunan Waduk Kuningan sebenarnya mendapatkan uang pengganti, namun ada kelompok masyarakat sebanyak 50 kepala keluarga yang sebenarnya tidak terdampak namun terganggu dengan adanya pembangunan waduk tersebut. Kelompok masyarakat ini akan terisolasi jika waduk digenangi.

Untuk membuat akses jalan bagi warga tersebut bisa saja dilakukan namun akan memakan biaya jauh lebih besar dari pada melakukan relokasi warga ke lokasi lain.

"Ini yang kami masih menunggu keputusan presiden. Dana sudah ada di Balai Besar Wilayah Sungai (BBSW) Cimanuk Cisanggarung. Kalau sudah disetujui maka dibayarkan, dan Waduk Kuningan bisa selesai," tuturnya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail

Komentar

Komentar
()

Top