Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Pembiayaan Mikro

2019, Kredit UMKM BJB Naik Jadi Rp1,2 Triliun

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

BANDUNG - Bank BJB menargetkan penyaluran kredit sebesar empat miliar rupiah kepada masyarakat pelaku ekonomi mikro di Jawa Barat melalui Kredit Mesra BJB, hingga akhir 2018. Tahun depan, jumlah tersebut akan dinaikkan menjadi 1,2 triliun rupiah.

Pemimpin Devisi UMKM Bank BJB, Denny Mulyadi menyebutkan Kredit Mesra BJB ini menyasar masyarakat jamaah masjid atau rumah ibadah lainnya yang membutuhkan bantuan modal maksimal 5 juta rupiah dalam tenor selama maksimal 1 tahun.

"Ini kredit tanpa agunan dan juga tanpa bunga, diperuntukan bagi warga miskin yang ingin membuka usaha, tapi terkendala modal. Kami hanya menerapkan biaya administrasi sebesar 8 persen hingga 9,5 persen," ujarnya di Gedung Sate Bandung, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

Sebelum mendapatkan kredit, masyarakat harus mengajukan dalam kelompok kecil yang beranggotakan 5 hingga 10 orang, dimana mereka merupakan jamaah salah satu masjid, yang dibuktikan dengan rumah tinggal yang ada di sekitarnya.

Bank BJB kemudian akan melakukan seleksi dan memberikan pelatihan usaha mikro, sehingga akan terlihat calon penerima kredit yang sudah siap dan lulus analisas bank. Setelah kredit tersalurkan pun, Bank BJB akan memberikan pelatihan pengelolaan keuangan serta pendapingan, yang bekerjsama dengan Dinas Komperasi dan UMKM Jawa Barat.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail

Komentar

Komentar
()

Top