Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Pemindahan Ibu Kota I Nusantara Akan Jadi Laboratorium Hidup

13 Badan PBB Dukung Pembangunan IKN

Foto : ISTIMEWA

VALERIE JULLIAND Koordinator Tetap PBB untuk Indonesia - Kolaborasi dengan OIKN dan berbagai entitas ini sangat penting bagi Nusantara dan juga PBB.

A   A   A   Pengaturan Font

Sebanyak13 badan PBB menyatakan dukungan mereka kepada Indonesia dalam pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara.

BALIKPAPAN - Sebanyak13 badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menyatakan dukungan dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Tiga belas lembaga yang dimaksud adalah ESCAP, FAO, ILO, IOM, UNDP, UNEP, UNESCO, UNFPA, UN Habitat, UNICEF, UNIDO, UNOPS, dan UN Women.

"Lembaga-lembaga ini memandang Nusantara sebagai laboratorium hidup yang memberi mereka peluang untuk menghasilkan pengetahuan baru dalam mengatasi tantangan global," kata Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Bambang Susantono, pada pembukaan 6th Spatial Planning Platform (SPP) Conference yang diselenggarakan di Balikpapan, Selasa (8/11).

Pada kesempatan itu terjadi penyerahan Declaration of Intent kerja sama antara PBB dan Otorita IKN dalam mewujudkan agenda pembangunan berkelanjutan di IKN. Penyerahan dilakukan oleh Koordinator Tetap PBB untuk Indonesia, Valerie Julliand kepada Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Seperti dikutip dari Antara, Valerie menjelaskan ruang lingkup kerja sama ini, antara lain perencanaan dan pembangunan kota, termasuk Voluntary Local Reviews (VLR), dukungan terhadap mekanisme dan kebijakan tata kelola, dukungan digitalisasi, pengembangan rencana induk, dan analisis berbagai potensi kesenjangan yang ada.

"Kolaborasi dengan OIKN dan berbagai entitas ini sangat penting bagi Nusantara dan juga PBB. Melalui kolaborasi ini, kita dapat memastikan semua prinsip, nilai, norma, dan standar yang baik dapat diwujudkan," ujar Valerie.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Eko S

Komentar

Komentar
()

Top