Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | December 1 2020
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Perlindungan terhadap Petani Masih Minim

Selasa 1/12/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
» Sektor pertanian selama Covid- 19 tumbuh, sehingga menahan kontraksi ekonomi tidak terlalu dalam. » Petani juga perlu mendapat jaminan harga yang wajar,...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Pangdam Merdeka-Kepala Polda Sulawesi Utara Beri Arahan Tegas ke Satuan Bawah

Selasa 1/12/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font

Manado,  - Panglima Kodam XIII/Merdeka, Mayor Jenderal TNI Santos G Matondang dan Kepala Polda Sulawesi Utara, Inspektur Jenderal Polisi RZ Panca Putra, memberikan pengarahan kepada unsur pimpinan yang ada di wilayah kerja Kodam XIII/Merdeka serta Polda Sulawesi Utara, di Manado, Senin.

Sulawesi Utara merupakan salah satu provinsi yang menjadi tanggung jawab teritorial Kodam XIII/Merdeka, karena wilayah mereka juga termasuk Provinsi Gorontalo dan Provinsi Sulawesi Tengah. 

Matondang, mengatakan, di tahun ini kita dihadapkan dengan dua krisis terbesar dunia yaitu krisis kesehatan dan krisis ekonomi. "Dalam krisis kesehatan kita dihadapkan pandemi Covid-19. Untuk itu tugas kita dalam menghadapi Pilkada serentak dan Hari Raya Natal, 25 Desember 2020, meningkatkan protokol kesehatan dengan mencegah terciptanya kluster baru di daerah masing-masing," katanya. 

"Ke depan kita akan menghadapi Pilkada serentak dan juga Hari Natal dan Tahun Baru, untuk itu hindari jangan sampai ada kluster-kluster baru di daerah masing-masing. Jaga stabilitas keamanan dan ketertiban di daerah masing-masing," katanya. 

Ia menyatakan, para komandan Kodim dan kepala Polres agar menjaga kekompakan sehingga dapat menciptakan situasi dan kondisi Kamtibmas yang kondusif di wilayah masing-masing.

Sementara Putra mengatakan bahwa TNI dan Polri telah berperan aktif selama 9 bulan dalam menangani wabah Covid-19. "Apa yang sudah diperintahkan pimpinan atas sudah jelas, laksanakan tanpa tawar-menawar, dan selalu jaga solidaritas serta sinergitas kita," kata dia.

Pengarahan di Aula Grhadika Jaya Sakti Markas Komando Kodam XIII Merdeka itu dihadiri Kepala Stag Panglima Kodam XIII/Merdeka, Brigadir Jenderal TNI Wirana P Budi, Komandan Korem 131/Santiago, Brigadir Jenderal TNI Prince Meyer Putong, dan Wakil Kepala Polda Sulawesi Utara, Brigadir Jenderal Polisi Rudi Darmoko.

Juga para pejabat utama Kodam XIII/Merdeka, pejabat utama Polda Sulawesi Utara serta para komandan Kodim dan kepala Polres di wilayah Kodam XIII/Merdeka dan Polda Sulawesi Utara.ant/P-4

Tampilkan Semua

Komisi III DPR Gelar Uji Kelayakan Calon Anggota KY secara Terbuka

Selasa 1/12/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta- Ketua Komisi III DPR, Herman Hery, mengatakan Komisi III DPR akan mulai menggelar uji kelayakan dan kepatutan calon anggota Komisi Yudisial (KY) mulai Selasa (1/12) yang akan berlangsung secara terbuka untuk menjaga prinsip...
Selengkapnya

Tiga Siswa SMPN 1 Payakumbuh Masuk 30 Besar GSI Tingkat Nasional

Selasa 1/12/2020 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font
Payakumbuh- Tiga orang siswa asal SMPN 1 Payakumbuh, Sumatera Barat masuk 30 besar seleksi Gala Siswa Indonesia (GSI) Tingkat Nasional 2020 yang merupakan hasil dari pemusatan latihan pada 14 November 2020 di Bandung. Kepala SMPN 1...
Selengkapnya

KRI Bima Suci Bersama Taruna AAL Kunjungi Pulau Miangas

Selasa 1/12/2020 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font
Manado,- Kapal KRI Bima Suci yang membawa taruna Akademi TNI AL pada Pelayaran Latihan Kartika Jala Krida (KJK) 2020 mengunjungi Pulau Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Ini adalah pulau paling utara di Indonesia...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

Chun Doo-hwan Dijebloskan ke Bui 

Selasa 1/12/2020 | 06:15
A   A   A   Pengaturan Font
Satu lagi mantan presiden Korsel kembali dijebloskan ke penjara. Kali ini giliran Chun Doo-Hwan yang digiring ke bui setelah dinyatakan bersalah dalam kasus pencemaran nama baik terhadap mendiang seorang pastor.

SEOUL - Mantan Presiden Korea Selatan (Korsel), Chun Doo-hwan, pada Senin (30/11) dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Distrik Gwangju dalam persidangan kasus pencemaran nama baik seorang mendiang pastor yang mengaku menyaksikan penembakan oleh pasukan militer selama terjadi aksi demonstrasi prodemokrasi di Gwangju pada 1980.

Saat dibacakan putusan pengadilan, Chun, 89 tahun, terlihat tengah tertidur. Pengadilan di Gwangju menjatuhkan hukuman penjara 8 bulan dan 2 tahun masa percobaan terhadap Chun.

Peristiwa penumpasan aktivis prodemokrasi di Gwangju berakhir dengan pertumpahan darah. Jumlah resmi korban tewas atau hilang adalah sekitar 200 orang, tetapi para aktivis mengatakan insiden itu mungkin telah menelan korban tiga kali lebih banyak dari angka resmi.

Sejak terjadi aksi penumpasan itu, Chun kemudian dikenal dengan sebutan sebagai "Sang Penjagal Gwangju".

Dalam pembelaannya, Chun membantah keterlibatannya secara langsung dalam upaya penumpasan berdarah terhadap pengunjuk rasa prodemokrasi itu. Dalam memoarnya yang diterbitkan pada 2017, Chun mengecam kesaksian pastor bernama Cho Bi-oh yang berulang kali bersaksi bahwa helikopter-helikopter tempur dikerahkan untuk menembaki warga sipil pada peristiwa berdarah di Gwangju pada 21 Mei 1980. Chun menyatakan bahwa pastor itu adalah sosok pembohong dan setan yang bersembunyi dibalik sebuah topeng.

Berdasarkan undang-undang pencemaran nama baik yang berlaku di Korsel, pelanggaran pasal pencemaran nama baik bisa menjadi tindak pidana serta masalah perdata, serta kerabat dapat mengajukan gugatan hukum atas nama seseorang yang meninggal.

Keluarga pastor Cho Bi-oh telah mengajukan tuntutan pidana pencemaran nama baik terhadap Chun sehingga jaksa bisa menggringnya ke pengadilan.

"Chun mengetahui tembakan oleh helikopter tempur itu," kata pengadilan seraya menambahkan bahwa Chun turut bertanggung jawab atas jatuhnya para korban.

Keputusan itu memberinya hukuman percobaan delapan bulan, jauh lebih ringan dari tuntutan masa tahanan 18 bulan yang diajukan jaksa. “Hakim telah menyatakan bahwa dialah yang paling bertanggung jawab atas peristiwa tersebut dan Chun harus dengan tulus meminta maaf atas penderitaan dan rasa sakit yang telah dia sebabkan untuk mengakui perbuatannya secara tulus,” lapor kantor berita Yonhap.

 

Tangan Besi

Presiden Chun memerintah Korsel dengan tangan besi selama era ‘80-an. Di bawah pemerintahannya, Korsel mengalami kebangkitan ekonomi dan negaranya memenangkan hak untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 1988.

Namun saat berkuasa Chun juga secara brutal menekan rival-rivalnya hingga pada akhirnya sebuah demonstrasi massa telah memaksanya untuk merangkul demokrasi. Chun adalah presiden pertama di Negeri Ginseng yang menyerahkan kekuasaan secara damai, tetapi  ia tetap menjadi salah satu tokoh yang paling dicerca.

Pada 1996, Chun dijatuhi hukuman karena dugaan pengkhianatan dan dijatuhi vonis hukuman mati atas peristiwa berdarah yang terjadi di Gwangju, tetapi eksekusinya diringankan setelah naik banding dan dia dibebaskan setelah ada pengampunan dari presiden.

Dengan dijebloskannya Chun ke penjara maka saat ini ada 4 mantan presiden Korsel yang masih hidup saat ini berada di penjara atau pernah menjalani hukuman penjara. SB/AFP/I-1

 

Tampilkan Semua

KJRI Tangani Penemuan Jasad WNI dalam Koper di Mekkah

Selasa 1/12/2020 | 06:07
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri dan KJRI Jeddah telah menangani  penemuan jasad warga negara (WNI) di dalam  koper di wilayah Mina, Mekkah, Arab Saudi. Berdasarkan informasi yang diperoleh KJRI dari Kepolisian Wilayah Mina,...
Selengkapnya

WHO Peringatkan Turunnya Upaya Pemberantasan Malaria

Selasa 1/12/2020 | 05:30
A   A   A   Pengaturan Font
JENEWA - Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) pada Senin (30/11) mengatakan bahwa perkembangan upaya pemberantasan malaria mengalami kemandekan dalam beberapa tahun terakhir, padahal ada perkiraan lebih dari 400...
Selengkapnya

Taiwan Tolak Pekerja Migran dari Indonesia karena Lonjakan Covid-19

Selasa 1/12/2020 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Beijing- Pemerintah Taiwan pada Senin mengumumkan penangguhan sementara penerimaan pekerja migran asal Indonesia selama dua pekan menyusul lonjakan kasus positif COVID-19 di Indonesia. Pemerintah Taiwan tidak akan mengizinkan masuk...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

. Polisi Ungkap Avsec Bandara Soetta Terkait Kerumunan Massa

Kamis 19/11/2020 | 23:46
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Polda Metro Jaya mengungkapkan Aviation Security (Avsec) Bandara Soekarno-Hatta diklarifikasi terkait protokol kesehatan saat kedatangan kembali Rizieq Shihab di Indonesia.

"Kalau yang dari bandara itu kita harus mengetahui apakah pada saat RS datang ke sini sudah melalui protokol kesehatan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan di Gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kamis.

Beberapa keterangan yang akan diklarifikasi dari pihak Aviation Security Bandara Soekarno-Hatta antara lain dokumen protokol kesehatan Rizieq saat memasuki Indonesia.

"Misalnya apakah sudah ada pengecekan swab test atau rapid test atau sudah memiliki surat bahwa memang bebas atau sudah dilakukan pengecekan protokol kesehatan sehingga perlu pendalaman terhadap beliau," katanya.


Pemprov DKI Jakarta melalui surat resmi Satpol PP bernomor 2250/-1.75 yang ditujukan kepada Rizieq Shihab selaku penyelenggara pernikahan dan FPI sebagai panitia penyelenggara acara Maulid Nabi Muhammad SAW mendenda Rp50 juta.

Polda Metro Jaya kini menyelidiki dugaan pelanggaran protokol kesehatan dengan melakukan klarifikasi terhadap Pemda DKI Jakarta, panitia acara dan tamu acara tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan adalah salah satu pihak yang dipanggil oleh Polda Metro Jaya terkait kegiatan tersebut.

Selain itu, penyidik juga memanggil Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW), satpam atau linmas, lurah dan camat setempat serta Wali Kota ant/P-5

 

Tampilkan Semua

Panglima TNI Beri Ucapan Selamat Atas Pengabdian Korps Marinir

Senin 16/11/2020 | 05:35
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengungkapkan bahwa perjuangan dan pengabdian Korps Marinir telah mewarnai sejarah perjalanan bangsa Indonesia."Saya mengucapkan selamat hari ulang tahun...
Selengkapnya

Tangkap Ikan Secara Ilegal di Pulau Berhala, Kapal Ikan Malaysia Ditangkap Satgas 115

Minggu 15/11/2020 | 17:57
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Tim Satgas 115 berhasil meringkus kapal ikan asing berbendera Malaysia dan dinakhodai oleh warga negara Myanmar, yang tengah menangkap ikan secara ilegal di dekat perairan Pulau Berhala, Sumatera Utara."Waktu kita tangkap, kapal...
Selengkapnya

Trump Klaim Menang Pilpres,Usai Biden Suarakan Keyakinan Akan Menang

Rabu 4/11/2020 | 18:00
A   A   A   Pengaturan Font
Wilmington - Presiden Donald Trump pada Rabu dengan salah mengklaim dirinya telah memenangkan pemilihan presiden Amerika Serikat dengan jutaan suara yang masih belum dihitung, setelah lawannya dari Partai Demokrat Joe Biden menyampaikan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
beriklan di koran jakarta
Ekonomi

Erick Thohir Tetapkan Direksi Baru PT Hotel Indonesia Natour

Selasa 1/12/2020 | 05:15
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Menteri BUMN Erick Thohir menetapkan direksi baru PT Hotel Indonesia Natour (Persero) atau PT HIN dengan menunjuk Indomora Harahap sebagai Direktur Keuangan dan SDM yang baru.

Public Relations Manager PT Hotel Indonesia Natour (Persero), Rita Rosita mengatakan bahwa sesuai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang dilaksanakan pada Senin (30/11) Menteri BUMN Erick Thohir menetapkan Direksi Baru PT Hotel Indonesia Natour (Persero) HIN.

"Iswandi Said yang sebelumnya menjabat Direktur Utama diangkat kembali sebagai Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour (Persero) dan Indomora Harahap diangkat sebagai Direktur Keuangan dan SDM menggantikan pejabat sebelumnya Andy F Manvaludhi," kata Rita dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (30/11) seperti dikutip dari Antara.

Pengangkatan kembali Iswandi Said sebagai pimpinan HIN menandai kelanjutan transformasi yang sebelumnya telah dilaksanakan.

Melalui langkah, program, dan kegiatan yang dilaksanakan di seluruh aspek kegiatan perusahaan, dari mulai peningkatan services/pelayanan, pengembangan budaya perusahaan (corporate culture), pengembangan sistem human capital, program pengembangan pemasaran serta berbagai aspek kegiatan perusahaan yang lain, HIN mampu tumbuh dan berkembang menjadi perusahaan yang kompetitif di industri perhotelan.

Sementara itu, bagi Indomora Harahap yang sebelumnya memiliki pengalaman yang luas dalam berbagai penugasan di BNI, pengangkatan sebagai Direktur Keuangan & SDM PT Hotel Indonesia Natour (Persero) akan menjadi kiprah barunya di industri hospitality dan perhotelan.

Sejalan dengan program holding yang dilaksanakan oleh Kementrian BUMN, saat ini HIN dalam proses untuk menjadi holding di dua bidang, yaitu holding hotel BUMN dan holding Pariwisata dan Pendukung.bud/E-9

Dengan penetapan Direksi baru tersebut, maka susunan Direksi PT Hotel Indonesia Natour (Persero) saat ini adalah sebagai berikut :

Direktur Utama: Iswandi Said

Direktur Keuangan & SDM: Indomora Harahap

Direktur Pengembangan Bisnis: Christine Hutabarat

Direktur Operasi: Seno Andhikawanto

Tampilkan Semua

Industri Kemasan Kian Prospektif

Senin 30/11/2020 | 21:14
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Industri kemasan diproyeksikan terus tumbuh seiring perkembangan teknologi. Produsen pengemasan diharapkan mampu menciptakan inovasi sehingga mampu memenuhi kebutuhan dan mengikuti tren masa kini. Direktur Jenderal...
Selengkapnya

Ericsson Perkirakan Pelanggan 5G Global Capai 220 Juta

Senin 30/11/2020 | 19:50
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Perusahaan pembuat peralatan telekomunikasi asal Swedia, Ericsson, menaikkan perkiraan global untuk langganan seluler 5G menjadi 220 juta pada akhir tahun ini, dengan peningkatan tak terduga berasal dari Tiongkok.Ericsson, yang...
Selengkapnya

Kemenhub Perkuat Koordinasi Penanggulangan Tumpahan Minyak di Laut

Senin 30/11/2020 | 15:30
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Untuk memperkuat koordinasi antar instansi terkait dalam rangka penanggulangan tumpahan minyak dalam skala lokal, daerah dan nasional, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar latihan penanggulangan tumpahan minyak di...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
beriklan di koran jakarta
Daerah

KAI Daop 9 Operasikan 8 KA Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Senin 30/11/2020 | 20:10
A   A   A   Pengaturan Font

JEMBER-  PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 9 Jember, Jawa Timur, mengoperasikan sebanyak delapan kereta api (KA) selama libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Kami mengoperasikan 8 KA dengan 18 perjalanan pada Desember 2020 untuk mengantisipasi lonjakan selama libur Natal dan Tahun Baru," kata Vice President KAI Daop 9 Jember Agus Barkah Nugraha dalam rilis yang diterima Antara di Kabupaten Jember, Jatim, Senin (30/11).

Kereta yang dioperasikan yakni KA Logawa rute Jember-Purwokerto (PP), KA Ranggajati rute Jember-Cirebon (PP), KA Mutiara Timur rute Ketapang Banyuwangi-Surabaya Pasar Turi, KA Wijaya Kusuma rute Ketapang-Cilacap (PP), dan KA Sritanjung rute Ketapang Banyuwangi-Lempuyangan (PP),

Selanjutnya, KA Tawangalun rute Ketapang Banyuwangi-Malang Kota Lama (PP), KA Probowangi rute Ketapang Banyuwangi-Surabaya Gubeng (PP), dan KA Pandanwangi rute Jember-Ketapang Banyuwangi (PP).

"Dari delapan kereta yang beroperasi, ada tiga KA yang beroperasi pada hari-hari tertentu yakni KA Logawa, KA Ranggajati, dan KA Mutiara Timur, sedangkan lima KA lainnya beroperasi setiap hari," katanya.

Agus mengatakan pengoperasian KA tersebut akan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah seperti mewajibkan para penumpang menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan di tempat yang disediakan ataupun menggunakan penyanitasi tangan.

Ia menjelaskan penumpang KA jarak jauh diwajibkan menunjukkan dokumen kesehatan berupa tes cepat atau surat bebas gejala influenza, serta menggunakan face shield selama berada di atas KA hingga tiba di tujuan.

"KAI secara konsisten menerapkan protokol kesehatan yang ketat bertujuan untuk menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh penumpangnya sehat sampai di tujuan," ujarnya.

KAI Daop 9 Jember telah membuka layanan pemesanan tiket KA dan bagi para calon penumpang dapat melakukan pemesanan secara daring yang bisa dipesan H-30 keberangkatan untuk KA jarak jauh dan H-14 untuk KA lokal melalui aplikasi KAI Access ataupun website resmi kai.id, serta mitra eksternal yang telah bekerja sama dengan KAI.bud/E-9

Tampilkan Semua

Dampak Erupsi Gunung Ili Lewotolok, Wings Batalkan Penerbangan Kupang Lewoleba

Senin 30/11/2020 | 20:02
A   A   A   Pengaturan Font
KUPANG- Maskapai Penerbangan Wings Air terpaksa membatalkan rute penerbangan dari Kupang-Lewoleba, dampak dari erupsi gunung api Ili Lewotolok yang kembali erupsi dengan ketinggian 4.000 meter pada Minggu (29/11).Pelaksana Teknis PT....
Selengkapnya

BRI Manado Dukung Pengembangan KEK Pariwisata Likupang

Senin 30/11/2020 | 19:59
A   A   A   Pengaturan Font
MANADO- BRI Kantor Wilayah Manado siap mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Sulut) antara lain dengan memberikan bantuan pembiayaan kepada UMKM."Kami sudah meninjau...
Selengkapnya

Aceh Siap Terima Kunjungan Wisatawan

Senin 30/11/2020 | 19:55
A   A   A   Pengaturan Font
BANDA ACEH- Kalangan pelaku pariwisata di Provinsi Aceh siap menerima kunjungan wisatawan setelah sekian lama terhenti akibat pandemi Covid-19."Kini, para pelaku pariwisata di Aceh sudah siap menerima kunjungan wisatawan. Tentunya...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
beriklan di koran jakarta
Otomotif

Hyundai dan Kia Bakal Ekspor 100 Ribu Lebih Kendaraan Listrik

Sabtu 28/11/2020 | 08:50
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Hyundai Motor Co bersama dengan afiliasinya Kia Motors Corp mengatakan bahwa mereka akan mengekspor lebih dari 100.000 kendaraan listrik tahun ini karena meningkatnya permintaan untuk mobil ramah lingkungan.

Hyundai dan Kia mengirimkan sekitar 98.505 EV gabungan dari periode Januari hingga Oktober, melonjak sekitar 71 persen dari 57.517 unit selama periode yang sama tahun lalu.

"Aturan emisi yang lebih ketat di Eropa mendorong permintaan untuk semua model listrik dan emisi rendah," kata juru bicara Hyundai yang dikutip dari Kantor Berita Yonhap, Jumat (27/11).

Dalam hal ini, Hyundai Kona Electric menyumbang sebanyak 42 persen, atau 41.384 unit, dari keseluruhan pengiriman EV di kedua pembuat mobil itu dalam 10 bulan pertama.

Pada periode Juli-September, Hyundai dan Kia menduduki peringkat kelima dengan pangsa pasar gabungan 7 persen di pasar EV global, menyusul Tesla Motors Inc., Volkswagen AG, Renault SA, Nissan Motor Corp. dan SAIC Motor Corp.

Hyundai Motor Group memiliki tujuan untuk menjual sebanyak 1 juta EV pada tahun 2025 untuk mencapai pangsa pasar lebih dari 10 persen di pasar EV global.

Grup otomotif terbesar kelima di dunia terus mendorong untuk memproduksi secara massal model EV berdasarkan platform EV-nya sendiri yang disebut platform modular global listrik (E-GMP) pada tahun depan.

Hyundai dan Kia berencana untuk meluncurkan 44 kendaraan ramah lingkungan, termasuk 23 kendaraan listrik di bawah tiga merek terpisah Hyundai, merek independen Hyundai Genesis dan Kia pada tahun 2025.Ant/E-9

Tampilkan Semua

Porsche Taycan Masuk Guinness Records Kendaraan Listrik

Sabtu 28/11/2020 | 08:47
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Porsche Taycan telah memasuki Guinness World Records untuk drift terpanjang dengan kendaraan listrik, yang dilakukan di Porsche Experience Center (PEC) Hockenheimring.Instruktur Porsche Dennis Retera melakukan 210 putaran pada...
Selengkapnya

Sepeda Motor Listrik Makin Diminati di Indonesia

Sabtu 28/11/2020 | 08:46
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA-Peneliti Senior Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Riyanto mengatakan bahwa sepeda motor dengan tenaga listrik memiliki kecenderungan untuk masuk lebih cepat di...
Selengkapnya

Pick Up Peugeot Landtrek Diluncurkan di Meksiko

Sabtu 28/11/2020 | 08:45
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Produsen otomotif asal Prancis, Peugeot resmi meluncurkan kendaraan truk pikap terbaru mereka yang dijuluki dengan Landtrek yang ditujukan untuk pasar negara berkembang dan baru-baru ini merayakan peluncuran di Los Cabos,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Telko

itel Resmi Vision1 Series di Indonesia

Rabu 25/11/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Sebagai sebagai salah satu merek ponsel di bawah TRANSSION Holdings yang bergabung dengan Infinix dan TECNO, kini itel juga resmi meluncurkan produk ponsel terbesar mereka di pasar Indonesia. 
 
Hal ini menjadi bentuk semangat yang agresif bagi itel, untuk menyediakan perangkat genggam yang dibanggakan khususnya di Indonesia dengan meluncurkan smartphone seri andalannya yaitu Vision1 Plus dan Vision1.
 
"Dengan meluncurkan merek di pasar negara berkembang global lebih dari 10 tahun yang lalu, itel telah bekerja tanpa lelah untuk menjadi nama yang dipercaya di dunia pasar seluler. dedikasi dan tekad itel untuk mendemokratisasi akses ke teknologi telah menciptakan seluruh portofolio perangkat genggam yang disayangi dan dapat diandalkan. Dan sekarang, itel bersemangat untuk mengembangkan bisnisnya dan secara resmi masuk ke Indonesia dengan meluncurkan Smartphone seri andalannya yaitu Vision1 Plus 3GB dan Vision1," ujar Kyle Zhang selaku Head of Sales Manager untuk Indonesia.
 
Tentu smartphone yang dihadirkan itel akan menjadi pembeda dari kompetitor lainnya. Vision1 Plus menghadirkan desain dengan fungsionalitas canggih di 3GB RAM dan 32GB ROM, dengan menawarkan Waterdrop Display HD + IPS 6,5" dan baterai dengan kapasitas besar 5000mAh yang dibandrol dengan harga Rp1.199.000; sementara itu untuk spesifikasi Vision1 adalah 6,088" HD + Waterdrop Display dan baterai kapasitas 4000 mAh, dibandrol dengan harga Rp999.000. 
 
Kelebihan dari Vision1 Plus diantaranya memiliki tampilan layar penuh 6,5 '' HD + tampilan layar penuh yang elegan dengan ratio 20:9. Layar yang menawarkan sudut pandang yang menakjubkan, juga didukung kecerahan yang spektakuler 500cd / m2. Spektrum warna yang luas juga membuat menonton video dengan smartphone ini menjadi pengalaman yang menakjubkan, bahkan di bawah sinar matahari sekalipun. 
 
Pengisian Baterai
itel juga sangat memperhatikan daya tahan baterai untuk membuat nyaman bagi para penggunanya,di mana Vision1 Plus dilengkapi daya baterai sampai dengan 5000mAh sehingga usia baterai menjadi lebih lama. Baterai juga didukung dengan AI Power Master yang ditingkatkan untuk mendukung para penggunanya baik dalam pekerjaan sehari hari ataupun untuk kebutuhan hiburan. Dengan teknologi   pengisian cepat 5V2A, ponsel dapat bertahan hingga 3 hari tanpa kehabisan daya.
 
Kamera Ganda
Tidak ketinggalan, itel juga mempersembahkan kamera dengan resolusi terbaiknya dengan kamera ganda belakang sebesar 13MP dan kamera depan 8MP, serta teknologi AI Face Beauty mutakhir yang mengesankan dan membuat pengikut pengguna senang dengan berfoto selfie secara profesional di sosial media seperti Facebook, Instagram atau TikTok. Semuanya bisa diekspresikan hanya dengan satu genggaman smartphone Vision1 Plus.
 
Performa Lebih
Lebih banyak ruang semakin memudahkan para pengguna untuk melakukan apapun dalam smartphone, Vision1 Plus membantu hal tersebut dengan menghadirkan RAM 3GB agar memastikan pengoperasian yang lancar, sekaligus menurunkan konsumsi daya dan menghasilkan panas yang berlebihan. Vision1 Plus juga memiliki 32GB sebagai ruang penyimpanan untuk memenuhi semua kebutuhan pengguna seperti simpan gambar dan video, serta aplikasi dalam jumlah yang hampir tak terbatas. 
 
Lebih Cepat
Vision1 Plus juga mendukung teknologi data 4G secepat kilat, yang memungkinkan transmisi data lebih cepat dengan konsumsi lebih rendah, dan koneksi yang lebih andal. Akses cepat ke Internet selalu dijamin dengan Vision1 Plus, dengan itu di mana pun pengguna berada, mereka dapat melakukan obrolan video dengan keluarga dan teman, menjelajahi internet dengan kecepatan tinggi, atau streaming film kapan pun tanpa hambatan. 
 
Desain Ramping
Berkat struktur unibodynya yang ringkas, Vision1 Plus disegel dengan sempurna untuk menahan debu, air, dan benturan, hal ini juga mendukung smartphone Vision1 terlihat sangat elegan dan bergaya.
 
Tak hanya itu, Vision1 Plus juga dilengkapi dengan desain Double S Line yang belum pernah ada sebelumnya, dan teknologi penyemprotan kaca buram matte (AG) yang superior. Vision 1 Plus tidak hanya memiliki bentuk yang elegan, tetapi juga sentuhan seperti sutra yang menjadikannya ponsel yang menonjol di grup.
 
Untuk diketahui, itel Vision1 Plus dan Vision1 sebelumnya telah diluncurkan pada 18 November 2020 lalu, dan bisa didapatkan di toko resmi itel di Lazada Indonesia. mza
Tampilkan Semua

Infinix Jadi Smartphone Terlaris di Lazada

Jumat 13/11/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Merek smartphone premium berbasis online Infinix Mobility Indonesia, berhasil menjadi brand smartphone terlaris di penjualan online 11.11 baru‐baru ini di Lazada di Indonesia. Tonggak ini menambah rekor kemenangan Infinix di...
Selengkapnya

Infinix Note 8 Gandeng Mobile Legends

Senin 9/11/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Infinix Mobility Indonesia resmi meluncurkan produk terbaru INFINIX NOTE 8 yang dibekali dengan chipset Helio G80 Hyper Engine Game Technology khusus bagi para pecinta mobile game di Indonesia dengan menggandeng Mobile Legends...
Selengkapnya

Tagline #JANGANDILAWAN, Bukti Komitmen WIKO di Indonesia

Minggu 8/11/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Menyambut event “Festival Belanja Lazada 11.11 Diskon Terbesar Satu Hari” yang akan digelar pada tanggal 11 November 2020 mendatang, WIKO sebagai pemain smartphone pasar global kembali mengusung beberapa varian...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Properti

Topping Off Hotel Episode Serpong

Jumat 28/8/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Hotel Episode merupakan hotel berbintang empat yang terletak di Gading Serpong yang dikenal sebagai kota satelit yang ramai, terletak di lokasi yang strategis karena dekat dengan pusat pameran terbesar di Indonesia yakni ICE BSD dan berjarak 40 menit dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 
 
Hotel ini mulai dibangun dari 9 Desember 2017 dan akan beroperasi pada semester pertama di tahun 2021. Nantinya, Hotel Episode Gading Serpong akan dikelola oleh hospitality management yaitu JHL Collections yang merupakan salah satu unit bisnis dari JHLGroup.
 
Hotel dengan interior yang unik ini menghadirkan konsep kebudayaan Banten ditengah bangunan seluas 55.000 m2. Provinsi Banten yang kental dengan kebudayaan lokalnya yakni Baduy dan Peranakan serta topologi yang bervariasi menjadi inspirasi utama yang dituangkan dalam konsep perhotelan dan desain Hotel Episode Gading Serpong.
 
Dengan hal itu maka para tamu akan disuguhkan pengalaman yang unik. Episode akan membawa para wisatawan mengenal lebih jauh tentang Banten dengan beragam aktivitas terkait kebudayaan Banten di dalam area hotel hingga paket wisata kebudayaan di daerah Banten. 
 
Terdapat 320 kamar yang memiliki 2 konsep utama yakni Baduy dan Peranakan dengan beberapa tipe, diantaranya adalah Deluxe Room, Family Room,dan Junior Suite untuk masing-masingkonsep.
 
Bangunan 28 lantai ini memiliki fasilitas yang lengkap, terdapat Ballroom dan Exhibition Hall dengan kapasitas 1000 pax yang dapat digunakan untuk acara pernikahan, ulang tahun, gathering, dan pameran. Selain itu, terdapat Mini Ballroom, 8 meeting rooms, swimming pool, gym, spa, gift shop, dan organic shop.
 
Episode juga mempunyai restoran dengan pengalaman bersanta pall day dining dan hotel ini akan mengenalkan makanan khas lokal banten di menu breakfast maupun a la carte.
 
Sesuai dengan makna kata Episode yaitu sepenggal peristiwa dalam kehidupan manusia yang berarti, managemen berharap pengalaman tamu saat menginap, menikmati layanan dan sajian di Hotel Episode Gading Serpong ini menjadi pengalaman yang berarti dalam hidup mereka. mza
 
” Unfolding history and retelling the story” – Hotel Episode Gading Serpong
Tampilkan Semua

Di Tengah Pandemi, Struktur Pencakar Langit St Regis Selesai Dibangun

Senin 17/8/2020 | 18:58
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Meski sempat terhambat oleh kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akibat pandemi Covid-19, PT Permadani Khatulistiwa Nusantara (PKN) anak usaha Rajawali Property Group (RPG) akhirnya berhasil menyelesaikan...
Selengkapnya

Ruang Kerja Nyaman saat “Work From Home”

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Skema work from home (WFH) menjadi pola kerja yang banyak dilakukan di tengah wabah Covid-19. Rumah pun mendadak bertambah fungsi sebagai ruang kerja. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, penghuni dapat memanfaatkan berbagai sudut...
Selengkapnya

Pandemi Covid-19 Bakal Pengaruhi Desain Interior

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 dinilai bakal mampu menelurkan ide baru dan memengaruhi adanya perubahan dalam desain interior, baik untuk hunian maupun perkantoran. Selain itu, adanya pola hidup untuk selalu menjaga kebersihan juga akan menjadi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Olahraga

Pemain Bayern Martinez Siap Hengkang pada Akhir Musim

Selasa 1/12/2020 | 04:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pemain belakang Bayern Munich Javi Martinez kemungkinan akan meninggalkan klub juara Jerman itu pada akhir musim ini ketika kontraknya berakhir, Martinez mengungkapkan pada Senin.

Mantan pemain nasional Spanyol berusia 32 tahun itu, seperti dilansir Reuters, Senin, telah berada di Bayern sejak 2012 namun siap hengkang sebelum musim ini setelah kehilangan tempatnya pada tim inti selama perburuan lima gelar pada 2020.

Menyusul pembicaraan dengan pelatih Hansi Flick, Martinez memutuskan tetap bertahan musim ini namun tidak mungkin setelah Juni, dengan mengatakan ia ingin menikmati pengalaman baru sebelum pensiun.

"Ini bukan saatnya untuk membicarakan apa yang akan terjadi pada Juni 2021. Apapun bisa terjadi. Saya mengalami tahun-tahun yang hebat di sini dan kita akan lihat apa yang terjadi," kata Martinez menjelang pertandingan Liga Champions di Atletico Madrid, Selasa.

"Saya ingin mencoba sesuatu yang baru, di mana pun, tapi sesuatu yang baru sebelum saya mengakhiri karir saya.

"Kontrak menyebutkan ini tahun terakhir. Saya gembira berada di sini sekarang dan saya bagian dari tim dan itulah yang penting."

Martinez telah menikmati masa keberadaannya di Bayern yang penuh trofi, memenangi delapan gelar Bundesliga, dua mahkota Liga Champions, lima Piala Jerman dan satu Piala Dunia Klub di antara trofi lainnya.ant/P-4

Tampilkan Semua

Bayern Istirahatkan Trio Andalan saat Melawan Atletico

Selasa 1/12/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kiper Bayern Munich Manuel Neuer plus top skorer Robert Lewandowski dan gelandang Leon Goretzka tidak akan ikut bertandang bersama tim yang sudah lolos ke babak sistem gugur Liga Champions itu, untuk pertandingan grup ke Atletico Madrid,...
Selengkapnya

Fittipaldi Akan Gantikan Grosjean untuk Haas di Grand Prix Sakhir

Selasa 1/12/2020 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pebalap cadangan asal Brazil Pietro Fittipaldi akan melakukan debutnya pada Formula 1 bersama Haas akhir pekan ini di Grand Prix Sakhir, Bahrain, sebagai pengganti bagi Romain Grosjean yang cedera, kata tim asal AS itu, Senin. Pebalap...
Selengkapnya

Penalti Nzola pada Menit Terakhir Selamatkan Satu Poin untuk Spezia

Senin 30/11/2020 | 15:00
A   A   A   Pengaturan Font
 Eksekusi penalti M'Bala Nzola pada menit terakhir menyelamatkan satu poin untuk Spezia, yang bermain imbang 2-2 dengan tuan rumah Cagliari, pada pertandingan putaran kesembilan Liga Italia yang dimainkan Minggu setempat atau Senin...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Perspektif

Timur Tengah setelah Terbunuhnya Mohsen

Senin 30/11/2020 | 11:56
A   A   A   Pengaturan Font

Situasi politik internasional memanas, khususnya di Timur Tengah, setelah dibunuhnya ilmuwan nuklir terkemuka Iran, Mohsen Fakhrizadeh. Selain Mohsen, beberapa ilmuwan nuklir Iran lainnya juga telah tewas dibunuh dalam satu dekade terakhir.

Mohsen diserang di timur Teheran, Jumat (27/11) lalu. Dia disergap oleh kelompok bersenjata dan menjadi sasaran ledakan sebuah mobil Nissan sebelum terjadi baku tembak. Dia sempat dilarikan ke rumah sakit, tapi nyawanya tak tertolong.

Pejabat politik dan militer Iran menuding Israel dan Amerika Serikat (AS) sebagai dalang di balik serangan dan pembunuhan Mohsen. Pemimpin Tertinggi IranAyatollah Ali Khamenei, menyerukan aksi balas dendam terhadap kematian Mohsen. Presiden Iran, Hassan Rouhani, juga mengatakan akan membalas dan menunjuk Israel sebagai dalang di balik serangan itu.

Iran dan Hizbullah saat ini disebut-sebut sedang menargetkan orang Israel dan Yahudi di seluruh dunia. Tempat-tempat yang dimiliki Israel dan Yahudi akan menjadi target utama pembalasan mereka atas kematian Mohsen.

Israel pun meningkatkan kewaspadaan. Pemerintah Israel dikabarkan siaga satu dan mengetatkan pengamanan kedutaan besarnya di seluruh dunia. Komunitas Yahudi di seluruh dunia juga diminta untuk waspada tingkat tinggi. Militer Israel juga meningkatkan kewaspadaannya di sepanjang perbatasan negara itu.

Yang menarik adalah AS secara diam-diam telah lebih dulu mengerahkan Kapal Induk USS Nimitz ke wilayah Teluk Arab, Rabu pekan lalu. Walaupun Juru Bicara Armada Kelima Angkatan Laut AS, Rebecca Rebarich, membantah pergerakan armadanya itu tidak berkaitan dengan pembunuhan Mohsen, publik internasional menafsirkan bahwa keberadaan kapal induk itu untuk mengantisipasi ekskalasi ancaman yang akan mungkin muncul setelah kasus pembunuhan itu.

Tidak banyak informasi tentang Mohsen. Mohsen adalah kepala organisasi riset dan inovasi di Kementerian Pertahanan Iran. Dia tokoh utama di balik pengembangan nuklir rahasia Iran.

Pada April 2018 lalu, PM Netanyahu sempat menyebut nama Mohsen saat mengungkap arsip nuklir yang menurutnya telah diselundupkan oleh agen Israel dari Iran. Dia menyebut Mohsen sebagai kepala proyek nuklir rahasia bertajuk Proyek Amad.

Dalam laporannya pada 2011 lalu, badan pengawas senjata nuklir PBB juga mengidentifikasi Mohsen sebagai otak di balik teknologi nuklir Iran. Ia dinilai memiliki kemampuan untuk melakukannya dan saat itu diduga ia masih memiliki peran penting dalam aktivitas tersebut.

Pembunuhan terhadap Mohsen sudah pasti akan memprovokasi konfrontasi baru antara Iran dan musuh-musuhnya, termasuk Amerika Serikat dan Israel, pada minggu-minggu terakhir masa kepresidenan Donald Trump.

Pembunuhan Mohsen ini dinilai sebagai titik puncak dari rencana strategis AS dan Israel untuk menyabotase program nuklir Iran. Bahkan berbagai pihak menilai pembunuhan Mohsen itu adalah puncak dari rencana jangka panjang Israel. Mohsen telah lama menjadi target beberapa perdana menteri Israel serta beberapa direktur agen mata-mata Mossad.

Pembunuhan ini juga digadang-gadang bertujuan mencabut Iran sebagai negara sumber pengetahuan nuklir.

Tetapi, sejumlah pengamat internasional berspekulasi tujuan utama pembunuhan itu sebenarnya untuk menghalangi pemerintahan AS di era Presiden Terpilih Joe Biden yang akan berdialog untuk mencari solusi diplomatik mengakhiri konflik dengan Iran. Apalagi, Presiden Biden telah menyatakan niatnya untuk memasuki kembali kesepakatan nuklir 2015 dengan Teheran, yang sebagian besar telah hancur sejak Presiden Donald Trump meninggalkan kesepakatan itu pada 2018.

Yang menarik adalah pernyataan dari Amos Yadlin, mantan kepala intelijen militer Israel dan kepala lembaga think tank Institute for National Security Studies (INSS). Amos mengatakan siapa pun yang membuat keputusan pembunuhan terhadap Mohsen, harus tahu bahwa masih ada 55 hari lagi di mana Gedung Putih memiliki seseorang yang melihat ancaman Iran seperti yang mereka lakukan. Bahkan, Amos mengatakan Biden adalah cerita yang berbeda. Pernyataan Amos itu tentu mengarah pada Presiden Trump yang masih berkuasa di Gedung Putih. ν

Tampilkan Semua

Pejabat Korupsi di Tengah Pandemi

Sabtu 28/11/2020 | 07:10
A   A   A   Pengaturan Font
Dua operasi penangkapan dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap pejabat negara dalam rentang waktu yang berdekatan di minggu ini. Mereka ditangkap KPK saat rakyat di negeri ini sedang dilanda pandemi Covid-19 yang belum...
Selengkapnya

Pentingnya Transisi Pemerintahan di AS

Jumat 27/11/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Di pemilihan presiden 2020 ini, Donald Trump masih berat untuk mengakui Joe Biden sebagai presiden terpilih. Proses transisi pemerintahan di Amerika Serikat (AS) untuk seorang presiden terpilih sangat penting dan strategis sekali...
Selengkapnya

TFR

Kamis 26/11/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
TFR jangan terlalu rendah yang bisa berakibat tidak terjadinya kelanjutan demografi, tetapi juga jangan terlalu tinggi karena bakal memicu masalah besar. “Dua Anak Cukup, Laki Perempuan Sama ­Saja”. Kalimat tersebut...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita perspektif lainnya
Rona

Band Cokelat Umumkan Aiu Ratna Sebagai Vokalis Tetap

Selasa 1/12/2020 | 05:10
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Grup band Cokelat secara resmi mengumumkan Aiu Ratna sebagai vokalis tetap setelah berkolaborasi di panggung selama lebih dari setahun.

Selama konsep kolaborasi, Aiu bahkan sudah menyumbangkan suaranya untuk lagu tunggal Cokelat yang berjudul "Anak Garuda". Lagu tersebut dirilis pada Agustus 2020 lalu.

Bagi Cokelat, bergabungnya Aiu telah menyuntikkan semangat berkarya. Mantan vokalis grup band Garasi ini juga disebut sebagai pelengkap kekuatan Cokelat yang terdiri dari Edwin Marshal Sjarif (gitar), Ernest Fardiyan Syarif (gitar), Ronny Febri Nugroho (bass) dan Axel Andaviar (drum).

"Cokelat akhirnya kembali menemukan penyanyi yang sepadan. Benar-benar sesuai dengan apa yang gue inginkan. Aiu memiliki benang merah dengan musik Cokelat dari segi karakter dan ciri khas vokal. Jadi saat bertemu dengan Aiu, gue merasa ini sebuah puzzle yang komplit," kata Edwin melalui rilis resmi yang diterima Antara pada Senin (30/11).

Aiu Ratna sendiri sudah memiliki jam terbang cukup tinggi di dunia panggung dan rekaman. Mulai berkarir sejak 2006 lewat film bertema musikal, "Garasi" garapan Miles Films dan bahkan sempat pula mengembara selama kurang lebih lima tahun di Negeri Sakura Jepang, demi mengasah kariernya sebagai penyanyi solo.

Kini Cokelat menjadi rumah dan keluarga baru bagi Aiu. Dia juga merasa sedang memasuki sebuah fase sekaligus semangat baru.

"Karena para personelnya sudah kenal lama, dan lagu-lagunya pun sudah sangat familiar. Jadi proses adaptasinya tidak sulit dan bahkan bisa langsung terjalin chemistry-nya," ujar Aiu.

Dengan formasi baru ini, Cokelat sedang menyiapkan sebuah lagu tunggal berikutnya yang akan dirilis dalam waktu dekat.

Cokelat sendiri telah melahirkan delapan album studio, beberapa lagunya pun menjadi hits di tanah air seperti "Karma", "Segitiga", "Pergi", "Jauh", "Luka Lama" dan "Bendera".

Tahun 2020 ini, Cokelat juga merilis lagu tunggal "Anak Garuda" yang berhasil masuk nominasi AMI Awards 2020 untuk kategori Band Rock Terbaik.bud/E-9

Tampilkan Semua

Inggris Ingin Netflix Jelaskan

Selasa 1/12/2020 | 05:05
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Pemerintah Inggris ingin layanan streaming Netflix untuk memberikan penjelasan atau disclaimer atas serial populernya, "The Crown", yang seharusnya menjelaskan kepada 195 juta pelanggannya bahwa drama kerajaan itu sebagian...
Selengkapnya

Gelorakan Semangat Baru Mendongeng

Senin 30/11/2020 | 20:57
A   A   A   Pengaturan Font
  Berbagai bangsa dunia, termasuk Indonesia, memiliki tradisi adiluhung yang sangat bermanfaat seperti mendongeng. Sayang, kekayaan bangsa ini telah memudar, bahkan mulai tak populer lagi. Padahal, para leluhur banyak mengajarkan...
Selengkapnya

Album Terbaru BTS Raih Peringkat Pertama Billboard 200

Senin 30/11/2020 | 18:55
A   A   A   Pengaturan Font
  SEOUL - Boyband asal Korea Selatan, BTS sekali lagi menduduki puncak tangga lagu dengan album "BE" yang memulai debutnya di peringkat pertama tangga album utama Billboard. “Album BTS, ‘BE’ memulai debutnya di...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Tiket KA Liburan untuk H+30 Sudah Bisa Dipesan

Senin 30/11/2020 | 23:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta telah membuka pemesanan tiket untuk 43 kereta api (KA) jarak jauh untuk periode H+30 atau hingga 31 Desember 2020.

“Menjelang momen Natal dan Tahun Baru 2021, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta telah membuka pemesanan tiket Kereta Api (KA) Jarak Jauh untuk periode H+30 atau hingga 31 Desember 2020,” ujar Kepala humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (29/11).

Menurut Eva, masyarakat yang ingin melakukan perjalanan dengan kereta api sudah dapat memesan tiket melalui aplikasi KAI Access, situs kai.id, serta kanal penjualan resmi lainnya.

Para pelanggan KA dapat merencanakan perjalanan jauh-jauh hari dan tidak perlu ragu dalam menggunakan angkutan kereta api, karena KAI tetap mengoperasikan KA dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan secara ketat dan disiplin pada setiap waktu sejak di stasiun dan di atas KA serta selama dalam perjalanan.

“Pada masa pandemi, KAI berkomitmen menjual tiket KA Jarak Jauh dan Lokal hanya 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia untuk menciptakan physical distancing sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE 14 tahun 2020 tanggal 8 Juni 2020,” kata Eva.

Selain itu, pelanggan KA Jarak Jauh tetap diharuskan dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, dan diimbau menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket. n Ant/P-5

Tampilkan Semua

Dewan: Wagub Covid-19, Tak Pengaruhi Pembahasan RAPBD 2021

Senin 30/11/2020 | 23:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA  - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menyebutkan bahwa kejadian Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria positif terpapar pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), tidak mempengaruhi pembahasan Rancangan Anggaran...
Selengkapnya

Dinkes: Anies dalam Kondisi Sehat, Meski Sebelumnya Bertemu Wagub

Senin 30/11/2020 | 23:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta memastikan kondisi Gubernur Anies Baswedan dalam kondisi sehat, walau dalam beberapa hari terakhir sering bertemu dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yang...
Selengkapnya

Sustainable City Dalam Melestarikan Sungai

Senin 30/11/2020 | 22:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Koalisi Persampahan Nasional (KPNas) mecatat sebanyak 71 sampai 83 titik pembuangan sampah liar di Kabupaten Bekasi, sebagian berada di daerah aliran sungai (DAS). Ketua KPNas Bagong Suyoto  menjelaskan hal tersebut...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
The Alun-Alun

Wisata Kemah Sukamantri

Selasa 1/12/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan saat berlibur adalah berkemah. Kegiatan ini membutuhkan waktu dua atau tiga hari, namun capeknya semua terbayar dengan pemandangan yang indah.

Berkemah merupakan kegiatan yang disukai banyak orang. Melakukan berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama keluarga dan teman. Untuk berkemah kini tidak harus jauh-jauh, salah satunya kota bogor yang banyak menyediakan banyak tempat wisata alam Bogor.

Banyak sekali tempat berkemah di Bogor yang bisa jadikan alternatif liburan akhir pekan. Kota yang dijuluki kota hujan ini telah menjadi salah satu tempat wisata. Namun biasanya orang-orang hanya mengunjungi kawasan puncak yang dinilai sebagai tempat kemah paling menarik.

Salah satunya Perkemahan Sukamantri, udaranya yang sejuk dan pemandangan yang enggak ada duanya, perkemahan Sukamantri bisa menjadi rekomendasi yang tepat untuk berkemah. Sukamantri adalah salah satu bumi perkemahan yang terkenal di Bogor.

Berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, area kemah Sukamantri menjadi spot yang baik untuk menikmati keindahan kota Bogor, terutama saat malam hari. Cahaya lampu kota bisa dinikmati dari balik tenda yang didirikan.

Bumi perkemahan (Buper) di Desa Sukamantri, terletak di Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini banyak gandrungi dan didatangi pengunjung, khususnya saat akhir pekan.

Perjuangan untuk tiba di Sukamantri Camping Ground memang tak bisa di remehkan dengan jalanan berbatu selama satu kilometer sebelum pintu gerbang. Akses jalan yang masih berbatu menjadikannya cukup sulit dilalui dengan kendaraan ber-ground clearance rendah. Namun, lokasi ini tetap menjadi tujuan menarik untuk berkemah.

Tempat kemah ini cukup seru dan bisa membawa kendaraan pribadi masuk ke dalam area kemah tersebut. Cocok sekali jika membawa orang tua dan anak-anak untuk berlibur di sana.

Juga dapat menyusuri jalan setapak di hutan bagian atas selama 30 menit guna bermain air di Curug Suryakencana.

Meskipun hanya berada di ketinggian 840 meter di atas permukaan laut, namun udaranya yang bersih memungkinkan memotret milky way ketika langit cerah. Jika beruntung, juga akan menemui kunang-kunang berpendaran di rerumputan.

Di Sukamantri bisa menikmati gemerlap bintang di malam hari dan indahnya matahari terbit di pagi hari. Perkemahan Sukamatri juga menyediakan makanan selama berkemah. Berkemah ala homestay.

Bukan hanya pemandangan hutan pinus yang disediakan, tetapi bisa juga menikmati indahnya kota Bogor dari lokasi berkemah ini. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap seperti tempat beribadah, toilet atau kamar mandi, dan warung makan bisa ditemui di perkemahan.

Pengunjung bisa bermalam dengan suasana dingin khas pegunungan dan menikmati indahnya pagi hari yang segar melihat kokohnya pepohonan. Suasana dingin yang menantang pun siap menjelang pagi.

Waspadai bahan makanan dan perlengkapan pribadi di dalam tenda. Gerombolan kera seringkali mengintai dan mencurinya di pagi hari.

Suhu di kawasan ini tidak terlalu dingin, sehingga masih aman bila kamu tidur tanpa sleeping bag. Sinyal telepon seluler pun masih sangat baik. Kamu bisa langsung mengunggah foto camping di Sukamantri di akun media sosialmu.

Area perkemahan juga dilengkapi dengan panggung foto agar pengunjung bisa mengabadikan pengalaman wisatanya. Semenjak adanya Pandemi Covid-19, yang sempat membuat tempat wisata ditutup kini Buper Sukamantri sudah bisa dipakai wisata berkemah, pelatihan jungle survival, pelatihan konservasi, pengenalan alam sekitar dan outdoor games seperti war games kembali.arn

Tampilkan Semua

Kemping Ceria Curug Cipeuteuy

Senin 30/11/2020 | 18:00
A   A   A   Pengaturan Font
Bogor adalah salah satu lokasi favorit liburan untuk warga Jakarta dan sekitarnya. Selain karena jaraknya yang relatif dekat, Bogor juga mempunyai banyak daerah wisata yang bisa dikunjungi untuk berkemah. Kemcer atau kemping ceria sangat...
Selengkapnya

Menikmati Alam di Suaka Elang Loji

Senin 30/11/2020 | 18:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kegiatan outdoor yang satu ini memang menjadi pilihan tepat untuk yang senang beraktivitas di alam terbuka bersama teman-teman maupun keluarga. Selain bisa menyegarkan kembali otak dan pikiran, camping juga bisa semakin mempererat...
Selengkapnya

Memelihara Kucing Mendapatkan Banyak Manfaat Kesehatan

Senin 30/11/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Ada begitu banyak manfaat dalam memelihara kucing bagi kesehatan tubuh. Bukan hanya untuk melepas stress tetapi mendapatkan manfaat kesehatan dalam memelihara kucing. Asalkan dalam memelihara kucing harus dirawat dan dijaga...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita the alun-alun lainnya
Kupas

BSU Berdampak Positif pada Pertumbuhan Ekonomi

Sabtu 28/11/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan. Sektor-sektor lain seperti ketenagakerjaan juga terdampak.

 

Merespons hal tersebut, pemerintah Indonesia mengeluarkan ber­bagai macam kebijak­an penanganan dan bantuan. Salah satunya adalah bantuan subsidi upah (BSU) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagaker­jaan, untuk membantu meringan­kan para pegawai bergaji di bawah lima juta rupiah.

Seiring pelaksanaannya, kerap ditemui kendala dalam proses penyalurannya. Padahal, BSU ter­sebut dibutuhkan untuk men­gungkit daya beli masyarakat yang tersendat pada masa pandemi Covid-19.

Untuk mengupas terkait BSU BPJS Ketenagakerjaan itu, Koran Jakarta mewawancarai Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah. Berikut petikan wawan­caranya.

Di tengah berlangsungnya penyaluran termin kedua tahap V BSU, apa dampak yang telah dihasilkan?

Berdasarkan kajian yang di­lakukan Badan Perencanaan dan Pengembangan (Barenbang) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), bahwa dengan ber­bagai skenario, subsidi gaji/upah memberikan dampak positif terha­dap konsumsi rumah tangga dan pertumbuhan ekonomi.

Dengan kata lain, subsidi gaji/ upah bagi pekerja/buruh dengan gaji/upah di bawah lima juta per bulan terbukti dapat mendorong konsumsi rumah tangga yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan eko­nomi.

Dalam beberapa kesempatan, saya bertemu langsung dengan para penerima BSU untuk menge­cek langsung penerimanya sesuai kriteria dan memiliki manfaat.

Alhamdulillah, para penerima BSU tersebut mengaku adanya BSU sangat membantu untuk memper­tahankan daya beli dan konsumsi rumah tangga khususnya peme­nuhan kebutuhan sehari-hari.

Berapa jumlah penerima BSU sampai saat ini?

Penyaluran BSU Tahap I Kem­naker menyalurkan BSU kepada 2.180.382 pekerja/buruh, tahap II disalurkan kepada 2.713.434 pekerja/buruh, tahap III disalurkan kepada 3.149.031 pekerja/buruh, tahap IV 2.442.289 pe­kerja/buruh dan tahap V kepada 567.723 juta pekerja/buruh.

Penyaluran BSU ini tentunya setelah dipro­ses oleh Kantor Pelayanan Perbendaha­raan Nega­ra (KPPN) kepada bank penyalur, untuk selanjutnya ditransfer ke rekening penerima, baik Himbara (Himpunan Bank- Bank milik Negara) maupun non- Himbara.

Dengan disalurkankan tahap V termin kedua ini, maka Kemnaker telah menyalurkan BSU dari tahap I hingga tahap V, total sebanyak 11, 052 juta penerima. Sedangkan berdasarkan laporan data per 23 November 2020, BSU termin kedua telah diterima oleh 5, 928 juta orang penerima BSU.

Apa saja kendala dari penyaluran BSU ini?

Yang pertama ada rekening penerima bantuan bermasa­lah. Jadi ditemukan rekeningnya ter­duplikasi, rekening sudah tutup, tidak valid, pasif, atau dibekukan, atau nomor rekening tidak sesuai de­ngan yang didata. Selain itu, data penerima bantuan di BPJS Kete­nagakerjaan juga tidak lengkap.

Upaya apa yang dilakukan untuk mencegah penyimpangan dalam proses penyalurannya?

Pemerintah menjalankan reko­mendasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar kendala-ken­dala tersebut bisa dibenahi secara baik di tahap pencairan selanjut­nya. Selain itu, Kemnaker juga me­lakukan pemadanan data dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak terkait data penerima program subsidi upah. Hal itu sebelumnya sempat membuat proses penya­luran bantuan subsidi upah tidak sesuai dengan jadwal.

Bagaimana memastikan pe­nerima BSU ini belum menerima bantuan lain?

Selain pemadanan data dengan otoritas pajak, Kemnaker dan BPJS Ketenagakerjaan juga melakukan penyesuaian data dengan pihak Kar­tu Prakerja. Tujuannya agar men­getahui bahwa penerima bantuan subsidi upah tidak terdaftar sebagai penerima bantuan insentif Prakerja.

Selanjutnya, Kemnaker juga ha­rus menginformasikan data peneri­ma bantuan ke pusat data dan infor­masi Kementerian Sosial. Tujuannya untuk memutakhirkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Bagaimana jika ada pene­rima yang berhak, tapi belum menerima?

Bagi pekerja yang merasa ber­hak mendapat bantuan subsidi gaji/ upah, namun masih belum mene­rima agar segera melapor dengan manajemen perusahaan dan BPJS Ketenagakerjaan. Dengan demiki­an, data pekerja/buruh yang kurang tersebut dapat diperbaiki.

Karena sumber datanya dari BPJS Ketenagakerjaan sehingga penyelesaian data ini harus dikoor­dinasikan dengan mereka juga. Barulah nanti BPJS Ketenagaker­jaan akan menyampaikan koreksi kepada Kemnaker.

n muhamad marup /P-4

Tampilkan Semua

Seleksi Itu untuk Buktikan Kompetensi Mereka

Jumat 27/11/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah berencana mengadakan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bagi para guru honorer.   Seleksi dilaksanakan pada tahun 2021. Formasinya terbilang massal dengan jumlah yang dibutuhkan, sebanyak satu juta...
Selengkapnya

Pengambilan Keputusan Sering Terhambat karena Panjangnya Rantai Komando

Rabu 25/11/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Penyederhanaan birokrasi terus dikebut pemerintah. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) diberi mandat untuk jadi lokomotif.   Diharapkan dengan tun­tasnya penyederhanaan birokrasi,...
Selengkapnya

Pembelajaran Tatap Muka Harus Dapat Persetujuan Tiga Pihak

Senin 23/11/2020 | 06:31
A   A   A   Pengaturan Font
Menjelang berakhirnya semester ganjil kalender tahun ajaran dan tahun akademik 2020–2021, pemerintah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap di Masa Pandemi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Bansos Ringankan Beban dan Gerakkan Perekonomian Rakyat

Sabtu 28/11/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi cukup tinggi. Namun,sekitar 24,79 juta penduduknya masih hidup di bawah garis kemiskinan. Diperlukan kepekaan dan strategi negara mengentaskan kemiskinan agar hidup rakyat lebih sejahtera dan mandiri.

Di sisi lain, dampak Covid-19 memengaruhi semua lini kehidupan, termasuk mas­yarakat miskin dan rentan, baik aspek kesehatan, sosial, maupun ekonomi. Aktivitas perekonomian dan pendapatan masyarakat jatuh sehingga angka kemiskinan men­jadi 9,78 persen.

Pemerintah berupaya mena­ngani dampak pandemi Covid-19 melalui Jaring Pengaman Sosial dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Adapun alokasi anggarannya sebe­sar 695,2 triliun rupiah pada tahun 2020 dan 408,8 triliun rupiah pada tahun 2021.

Pemerintah melalui Kemen­terian Sosial terus menggulirkan bantuan sosial (bansos) sebagai salah satu jaring pengamangan sosial. Bansos diberikan kepada masyarakat yang terdampak ke seluruh pelosok negeri. Bansos penanganan dampak Covid-19 diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dalam meme­nuhi kebutuhan dasar, menjaga daya beli, dan menggerakkan roda ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Untuk mendalami seputar bantuan sosial, wartawan Koran Jakarta, Muhamad Ma’rup, mewa­wancarai Menteri Sosial (Mensos), Juliari P Batubara. Berikut petikan wawancaranya.

Bisa dijelaskan upaya peme­rintah dalam menangani pan­demi Covid-19 ini?

Sampai sebelum ketemu vaksin, penanganan akan ada terus. Per­masalahan virus ini hanya bisa dikalahkan dengan vaksin. Sebe­lum vaksin ketemu, yang bisa kita lakukan adalah menghindari.

Saat ini aktivitas dibuka kembali, tingkat keterpaparan akan me­ningkat. protokol kesehatan harus dilaksanakan. New normal ini mengatur aktivitas harian kita de­ngan aturan-aturan dan protokol-protokol baru.

Ini pilihan sulit antara kese­hatan dan ekonomi. Ini harus berjalan berbarengan. Kalau fokus kesehatan, masyarakat juga akan kelaparan. Kalau fokus ekonomi, orang terpapar semua. Jadi pilih­annya, termasuk di beberapa nega­ra, aktivitas dibuka dengan aturan main baru atau new normal.

Pemerintah berupaya mena­ngani dampak pandemi Covid-19 melalui Jaring Pengaman Sosial dan Pemulihan Ekonomi Nasional dengan mengalokasikan ang­garan sebesar 695,2 triliun rupiah pada tahun 2020 dan 408,8 triliun rupiah pada tahun 2021. Ang­garan tersebut digunakan untuk penanganan kesehatan, perluasan bantuan sosial untuk perlindung­an masyarakat miskin, rentan, dan terdampak. Kemudian, dukungan UMKM serta berbagai kegiatan strategis sektoral kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

Bagaimana keterlibatan Kemensos dalam penanganan Covid-19?

Pemerintah melalui Kemensos terus menggulirkan bantuan sosial yang termasuk dalam program ja­ring pengaman sosial kepada mas­yarakat yang terdampak ke seluruh pelosok negeri. Bantuan sosial yang termasuk ke dalam program jaring pengaman sosial di antaranya ban­tuan sosial reguler untuk KPM PKH dan BPNT. Bansos sembako untuk wilayah Jabodetabek. Bansos tunai untuk wilayah luar Jabodetabek dan bansos utuk KPM PKH.

Bansos penanganan dampak Covid-19 diharapkan dapat meri­ngankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar, men­jaga daya beli, dan menggerakkan roda ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Selama penyaluran bansos sejauh ini, bagaimana koordinasi dengan pemerintah daerah mau­pun kementerian lain?

Kami ingin menyampaikan, pertama, sebelum meluncurkan bansos sifatnya nasional, kami sudah melakukan sosialisasi mela­lui webinar beberapa kali dengan pemkot dan pemprov. Kami tindak lanjuti dengan surat-surat menge­nai mekanismenya.

Kami ingin tegaskan bahwa data penerima bansos itu kami mem­berikan keleluasaan untuk seluruh pemda tidak harus mengambil semua data yang ada di data ter­padu kami atau yang biasa disebut Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Jadi, pemerintah dae­rah (pemda) silakan memberikan nama-nama penerima bansos yang tidak ada dalam DTKS tersebut.

Untuk Bansos tunai di luar Jabo­detabek, Kemensos akan melaku­kan koordinasi untuk bansos yang diambil dari dana desa. Ini harus kami atur dengan baik agar tidak terjadi penumpukan. Misalnya, sudah ada keluarga yang menerima dana dari Kemensos 600 ribu ru­piah, lalu terima dari dana desa 600 ribu. Ini harus kita hindari supaya tidak terjadi kekacauan di bawah.

Untuk bansos dari pemda, ba­gaimana menghindari tumpang tindih dengan pemerintah pusat?

Sekali lagi, kami memberikan keleluasaan kepada daerah me­nyangkut program bansos yang diambil dari anggaran daerah baik provinsi maupun kabupaten atau kota. Mereka punya kebijakan masing-masing. Tidak perlu takut dan khawatir, apabila satu keluarga sudah menerima bansos sembako atau tunai, jangan diberi lagi.

Yang kami atur hanya seluruh bansos dari APBN. Tentunya kami atur agar tidak menumpuk. Kami bisa mempertanggungjawabkan akuntabilitasnya. Jadi, daerah yang mau menggunakan bansos dari APBD, silakan. Tidak perlu khawatir untuk mengecek data dengan pusat.

Ada yang kecewa

Kami membutuhkan kerja sama dan koordinasi yang baik. Kami ter­buka untuk masukan dan kritikan. Apa pun yang kami putuskan tidak bisa memuaskan semua pihak. Tapi yakinlah, pemerintah pusat bekerja sekuat tenaga melindungi segenap rakyatnya.

Apa yang akan dilakukan Kemensos ke depan agar bantuan pemerintah dapat tepat sasaran?

Kami melakukan beberapa terobosan pada tahun 2021 untuk melakukan perbaikan data peneri­ma bantuan pemerintah. Pertama, mengevaluasi terhadap data 15 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Ini untuk penerima man­faat program Kemensos, yaitu Pro­gram Sembako yang dulu bernama Bantuan Pangan Nontunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi mereka yang terdampak pe­nyebaran Covid-19. Saya minta pada para direktur jenderal Kemen­sos agar dilihat lagi data penerima BPNT. Jangan sampai yang sudah terlalu lama dari zaman raskin, rastra, masih terima terus.

Langkah lain?

Selain itu, Kemensos juga akan mengusulkan kepada Kementeri­an Keuangan agar daerah-daerah yang tidak melakukan pembaruan data kemiskinan mendapat pengu­rangan dana dari pusat. Langkah ini bukanlah ancaman, tetapi sebaliknya untuk memberi motivasi kepada daerah. Lalu, tahun depan akan ada pemutakhiran DTKS. Akan banyak stok keluarga yang kita bantu. Jadi enggak ada alasan itu-itu saja yang kita bantu.

Bagaimana upaya Kemensos membarui data tersebut?

Kemensos serius dan terus ber­upaya memperkuat akurasi data penyaluran bansos. Meski begitu, saya minta koordinator pendam­ping PKH berani ikut “membersih­kan” penerima bansos dalam DTKS yang sudah terlalu lama menerima bantuan.

Kami kerap mendapat kritik­an sekaligus masukan bahwa ada yang 8–10 tahun terus menerima PKH. Koordinator pendamping PKH adalah petugas lapangan yang berperan penting memastikan kualitas DTKS. Saya meminta peran nyata mereka. Data penerima PKH tidak sepenuhnya bergantung pada Kemensos. Data penerima ban­tuan, lanjut dia, diproses dari desa/kelurahan termasuk dicek oleh pendamping PKH. Setelah itu, baru naik secara berjenjang, kemudian baru disahkan oleh Kemensos.

Seberapa besar peran PKH da­lam pemutakhiran DTKS?

Pendamping PKH sejalan de­ngan proses berjenjang dalam pe­mutakhiran data tadi. Oleh karena itu, saya menantang mereka untuk berani mengganti nama-nama penerima PKH yang sudah terlalu lama menerima bantuan.

Saya menduga antara pendam­ping dan penerima manfaat PKH sudah terjalin hubungan erat. Se­hingga sulit mengganti nama-nama yang sudah lama menerima ban­tuan tersebut. Apakah pendamping berani mengganti nama-nama itu? Harus berani karena itu kan tugas mulia dan memperjuangkan mere­ka yang harusnya berhak mendapat bantuan. Itu tugas mulia.

Tahun 2021, apakah masih ada penyaluran bansos untuk pan­demi Covid-19?

Bantuan sosial untuk tahun 2021 sudah disiapkan Kemensos dengan batas pengeluaran (pagu) alokasi anggaran 87 triliun rupiah bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Alokasi ang­garan tersebut PKH, BPNT, dan BST. Jumlah ini sewaktu-waktu bisa saja berubah.

Selain penanganan Covid-19, apalagi upaya Kemensos untuk tahun kedua periode kedua masa pemerintahan Presiden Joko Widodo?

Kemensos terus bergerak mem­bangun optimisme negeri untuk kemandirian sosial ekonomi pen­duduk miskin dan rentan. Upaya yang dilakukan yaitu meningkat­kan sumber daya manusia dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Meningkatkan kualitas data terpadu kesejahteraan sosial, dan tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel dengan melibatkan publik.

Dalam kurun waktu satu tahun banyak yang telah dicapai Ke­mensos. Seperti telah mencapai peningkatan kualitas sumber daya, peningkatan kualitas data terpadu kesejahteraan sosial sebagai sum­ber data utama dalam penyeleng­garaan kesejateraan sosial agar dapat dilakukan secara terpadu, te­pat sasaran, dan berkelanjutan. Pe­nguatan perlindungan dan jaminan sosial. Penguatan pemberdayaan soisal hingga ke wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar.

Langkah Kemensos untuk mendorong berbagai pihak bersama-sama meningkatkan ke­sejahteraan sosisal masyarakat?

Tentu, Kemensos tidak bisa bekerja sendirian. Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian. Tidak hanya pada pandemi Covid-19, tapi sekalipun dalam kondisi normal. Banyak keterbatasan pemerin­tah. Kami sangat berharap baik perusahaan-perusahaan BUMN swasta nasional, perusahaan swasta multinasional, serta pilar-pilar so­sial ikut bersama-sama bergotong royong. Kita bergandeng tangan untuk memperbaiki kehidupan masyarakat.

Ke depannya, peran pemerintah harus diperkecil dibanding peran swasta. Kesejahteraan sosial, walau negara kita kesejahteraan, ke de­pannya kalau semakin maju, peran pemerintah harus semakin kecil. Bukan sebaliknya. Kalau peran pe­merintahnya semakin besar, berarti negara tidak maju-maju.

Konkretnya?

Oleh karena itu, seluruh dunia usaha, saya selalu memotivasi bahwa ke depannya produk-pro­duk baik barang jadi atau bentuk jasa yang akan divaluasi lebih tinggi oleh konsumen adalah produk-pro­duk yang memiliki kepekaan sosial tinggi.

Saya sendiri lebih senang mem­bayar produk lebih mahal kalau saya tahu perusahaan itu memi­liki kepedulian sosial yang tinggi bagi lingkungannya. Tidak ragu saya membayar lebih mahal untuk membeli suatu produk apakah barang jadi atau service. Uang saya akan digunakan untuk meningkat­kan kesejahteraan sosial.

Apa yang mesti dilakukan dunia usaha agar bisa terlibat me­ningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat?

Ke depan, gabungan antara bisnis dan social envelopment ha­rus semakin digalakkan. Sebab ini value dan budaya bangsa Indonesia yaitu gotong royong. Tentu ber­usaha mengejar keuntungan juga. Tanpa untung, tidak ada CSR juga. Semakin banyak untung, kita sema­kin banyak CSR.

Tapi, kalau saya lihatnya ter­balik. Bukan mengejar keuntungan baru CSR. Semakin kita giat melak­sanakan kegiatan sosial, tambah profitable. Sebab, simple saja, yang mendoakan banyak. Kita tidak bo­leh mengecilkan arti dari doa. Doa itu intangable, tapi value-nya kita tidak tahu. Tidak bisa dinilai miliar, ratus miliar, atau triliun.

Jadi kita harus melihatnya terbalik. Meski pandemi, semua perusahaan mengencangkan ikat pinggang. Tapi, kita tidak akan begini terus. Kita akan normal kem­bali dan harus optimistis. Kelak, jangan mencari keuntungan, baru CSR, tapi dibalik. Semakin banyak kiat berbuat oleh usaha kita, akan semakin profitable dan bisnisnya lebih sustainable. n G-1

 

Tampilkan Semua

Perkuat Kerja Sama Ekonomi dan Stabilitas Kawasan Indo-Pasifik

Sabtu 21/11/2020 | 05:40
A   A   A   Pengaturan Font
Hubungan bilateral Indonesia dan Amerika Serikat dinilai sangat strategis, baik dalam hal untuk kemajuan ekonomi maupun penjagaan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik.   Setelah resmi mengemban amanah sebagai Dubes RI untuk AS, Lutfi...
Selengkapnya

Unair Terus Bergerak untuk Berkontribusi bagi Bangsa

Sabtu 14/11/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sebagai lembaga pendidikan Universitas Airlangga (Unair) terlibat dengan banyak aktivitas, di antaranya pembuatan vaksin Covid-19. Unair juga terus berinovasi untuk meningkatkan ranking dunia, Asia, dan dalam negeri. Sejak muncul di...
Selengkapnya

Wujudkan Desa tanpa Kemiskinan

Sabtu 7/11/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) berupaya mewujudkan desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, dan desa dengan pendidikan yang berkualitas.   Kemendes PDTT juga tengah fokus dalam...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta