Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Perebutan Pengaruh I Beijing Siap Kerja Sama untuk Solusi Jangka Masalah Maritim

Xi: Tiongkok-Vietnam Harus Lawan Upaya Mengacaukan Asia-Pasifik

Foto : AFP/Nhac NGUYEN

Perkuat Hubungan I PM Vietnam, Pham Minh Chinh (kanan), saat mendampingi Presiden Tiongkok, Xi Jinping, ketika keduanya bertemu di Kantor Pemerintahan di Hanoi pada Rabu (13/12). Pada pertemuan itu, Presiden Xi berjanji untuk terus meningkatkan dan memperkuat hubungan dengan Vietnam.

A   A   A   Pengaturan Font

Dalam kunjungannya ke Vietnam, Presiden Xi Jinping menegaskan bahwa Tiongkok dan Vietnam harus bisa menentang segala upaya untuk mengacaukan wilayah Asia-Pasifik.

HANOI - Tiongkok dan Vietnam harus menentang segala upaya untuk mengacaukan Asia-Pasifik. Hal itu diutarakan Presiden Tiongkok, Xi Jinping, pada Rabu (13/12) saat ia berkunjung ke Hanoi, saat Beijing berupaya untuk melawan perluasan pengaruh Amerika Serikat (AS) terhadap negara komunis tersebut.

Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama Xi ke negara tetangga Vietnam dalam enam tahun terakhir. Kedua negara berkomitmen untuk mempererat hubungan dan telah menandatangani lebih dari 30 perjanjian, termasuk janji untuk mengembangkan jalur kereta antara Vietnam dan Tiongkok.

Kunjungan dua hari tersebut terjadi setelah Hanoi meningkatkan hubungan diplomatik dengan Washington DC ketika Presiden AS, Joe Biden, berkunjung ke Vietnam pada September lalu.

"Presiden Xi mengatakan Tiongkok dan Vietnam harus mewaspadai dan menentang segala upaya untuk mengacaukan Asia-Pasifik," lapor kantor berita resmi Tiongkok,Xinhua.

Kunjungan Presiden Biden beberapa waktu lalu adalah bagian dari upaya AS di seluruh dunia untuk menahan meningkatnya kekuatan ekonomi Tiongkok dan untuk mengamankan pasokan bahan-bahan penting yang dibutuhkan untuk manufaktur berteknologi tinggi.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top