Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Warga Dimaksimalkan Terlibat Kelola Sampah

Foto : ANTARA/Irfan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Tihar Sopian.

A   A   A   Pengaturan Font

Warga Dimaksimalkan Terlibat Kelola Sampah

TANGERANG - Keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan sampah akan dimaksimalkan guna menekan jumlah pembuangan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing. "Pengelolaan sampah di masyarakat masih menjadi program prioritas tahun ini dan tahun depan," jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Tihar Sopian, Jumat.

Tihar Sopian mengatakan, beberapa program yang sudah berjalan dan akan ditingkatkan adalah bank sampah, TPST 3R, Kampung Proklim, sekolah Adiwiyata, dan sedekah sampah. "Program-program tersebut akan terus ditingkatkan dan optimalkan. Harapannya, kepedulian masyarakat dalam mengelola sampah semakin besar," tandas Tihar.

Dengan begitu, lanjut Tihar, tujuan mewujudkan Kota Tangerang yang bersih dan layak huni benar-benar tercapai. Maka, dalam Forum Rancangan Rencana Kerja Dinas Lingkungan Hidup Tahun 2025 telah dibahas sejumlah program prioritas. Salah satunya, pengelolaan sampah serta peningkatan kualitas air dan udara.

"Kita masih fokus pelayanan kebersihan terkait persampahan. Sebab ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Lalu kualitas air dan udara juga akan terus ditingkatkan dalam rencana kerja untuk menghasilkan lingkungan yang layak huni," ujarnya.

Tihar mengutarakan pada tahun lalu, Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang berhasil menjalankan amanat UU untuk mereduksi 30 persen sampah di sumber. "Bahkan realisasinya tercatat melebihi yang dicanangkan pemerintah pusat, mencapai 30,33 persen sampah yang direduksi," jelas Tihar.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top