Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Tingkatkan Produksi, Babel Salurkan 1,5 Juta Bibit Bawang Merah

Foto : ANTARA/HO-Aprionis

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Babel Edi Romdhoni.

A   A   A   Pengaturan Font

Pangkalpinang - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menyalurkan 1,5 juta bibit bawang merah guna meningkatkan produksi bawang lokal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat daerah itu.

"Tahun depan 1,5 juta bibit bawang merah ini akan disalurkan kepada kelompok tani secara gratis," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Babel Edi Romdhoni di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan pemberian bibit bawang merah ini, sebagai langkah pemerintah provinsi dalam mengurangi impor bawang merah, sekaligus menekan inflasi yang disumbang oleh komoditas tersebut.

"Saat ini produksi bawang merah lokal baru mampu menyuplai 30 persen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, sementara sisanya masih dipasok dari luar daerah," ujarnya.

Menurut dia, saat pemberian bantuan bibit bawang masih dalam proses atau tengah dikembangkan oleh kelompok tani di Kabupaten Bangka Tengah.

"Kami telah mengontrak kelompok petani Bangka Tengah untuk melakukan pembibitan bawang merah dan hasilnya pembibitan sebanyak 1,5 juta bibit akan disalurkan kepada kelompok tani lainnya pada tahun depan," katanya.

Ia menyatakan dalam meningkatkan produksi bawang merah ini, Pemprov Kepulauan Babel juga mendorong Kementerian Pertanian untuk membangun penangkar benih bawang merah, guna memudahkan petani memperoleh bibit dalam mengembangkan usahanya.

"Dengan adanya penangkar benih bawang merah ini tentu akan menekan biaya produksi komoditas ini, karena petani tidak perlu lagi mendatangkan bibit dari luar daerah untuk mengembangkan usaha pertaniannya," katanya.


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top