Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Tahukah Anda? Inilah Istilah-Istilah yang Muncul Terkait Covid-19

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Sejak adanya virus corona di dunia, banyak istilah-istilah baru yang muncul di kehidupan kita sehari-hari.

Tapi tahukah Anda arti dari istilah-istilah yang populer sejak terjadinya pandemi Covid-19?

1. Lockdown

Lockdown adalah mengunci akses masuk dan keluar di suatu wilayah atau negara. Ini adalah situasi yang melarang warga untuk masuk ke suatu tempat karena kondisi darurat.

2. Social distancing

Social distancing bisa diartikan pembatasan sosial untuk memberikan jarak antarorang dan meminimalkan kontak langsung. Hal ini dilakukan untuk membatasi penyebaran virus.

3. WFH

WFH atau Work From Home adalah bekerja dari rumah. Kebijakan ini mengizinkan para karyawan untuk mengerjakan pekerjaan kantor mereka dari rumah.

4. Pandemi

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara khusus menggunakan istilah pandemi untuk merujuk pada penyakit baru yang tidak memiliki kekebalan daan sudah menyebar ke seluruh dunia. Penyakit baru ini dinyatakan sulit untuk dikendalikan.

5. Physical Distancing

Pada Maret 2020, WHO resmi mengganti frasa social distancing menjadi physical distancing. Mirip dengan social distancing, physical distancing berarti menjaga jarak fisik antara satu orang dengan lainnya.

6. Isolasi

Isolasi adalah tindakan memisahkan orang yang tidak sakit dengan orang yang sedang terjangkit Covid-19. Isolasi biasanya dilakukan di suatu ruangan khusus atau rumah sakit dalam masa pemantauan.

7. Karantina

Karantina adalah pembatasan pergerakan individu yang tampak sehat tetapi mungkin sudah tertular Covid-19 namun tidak menunjukkan gejala. Lamanya karantina bisa menghabiskan waktu 14 hari atau lebih tergantung pada periode inkubasi.

8. Inkubasi

Masa inkubasi ialah waktu yang dibutuhkan untuk gejala muncul setelah seseorang kemungkinan terinfeksi. Masa inkubasi sangat penting untuk pengendalian dan memungkinkan petugas mengamati orang yang mungkin telah terpapar virus.

9. Droplets

Droplets adalah tetesan atau cipratan yang dihasilkan dari bersin, batuk maupun saat berbicara. Bagi penderita corona, droplets bisa menyebarkan penyakit ketika mendarat di mulut, hidung atau mata orang terdekat.

10. ODP

ODP adalah Orang Dalam Pemantauan yang mana orang tersebut memiliki satu gejala Covid-19 misalnya gangguan pernapasan, batuk atau pilek. Biasanya ODP harus menjalani isolasi dan akan dipantau selama dua minggu.

11. OTG

OTG atau Orang Tanpa Gejala merujuk kepada orang yang terinfeksi virus corona namun tidak menunjukkan gejala. OTG biasanya menjalani isolasi mandiri selama dua minggu dengan pengawasan dokter.

12. PDP

PDP adalah Pasien Dalam Pengawasan biasanya sudah memiliki gejala. PDP juga biasanya memiliki riwayat perjalanan ke wilayah terinfeksi Covid-19.

13. Suspect

Status suspect diberikan kepada pasien yang diduga kuat terinfeksi virus corona. Orang-orang yang masuk dalam kategori ini adalah yang sedang mengalami gejala-gejala dan pernah melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19.

(RAP/FBC)
Redaktur : Fiter Bagus
Penulis : Reisky Aulia

Komentar

Komentar
()

Top