Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Studi Buktikan Konsumsi Lebih Banyak Tomat Turunkan Tekanan Darah

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

American Heart Association (AHA) mengungkapkan, tomat merupakan salah satu makanan yang dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi. Ini dikarenakan tomat kaya akan kalium, yang diketahui dapat meringankan hipertensi.

Sebuah makalah ilmiah baru lebih lanjut memberikan dukungan lebih lanjut terhadap kekuatan tomat dalam hal kesehatan jantung. Dalam studi yang melibatkan lebih dari 7.000 orang dewasa berusia antara 55 dan 80 tahun, para peneliti di Spanyol menemukan bahwa mengonsumsi satu buah tomat berukuran besar (sekitar 4 ons) setiap hari dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi sebanyak 36 persen.

"Tomat adalah salah satu sayuran yang paling banyak dikonsumsi, tersedia secara luas, dan terjangkau di seluruh dunia, dan merupakan komponen penting dari diet terbaik, seperti diet Mediterania," tulis salah satu penulis, Rosa Maria Lamuela-Raventós, MD, yang juga Direktur Institut Penelitian Nutrisi dan Keamanan Pangan dan profesor di Universitas Barcelona, dikutip dari Everyday Health, Jumat (1/12).

"Konsumsi tomat dapat memainkan peran klinis yang menguntungkan dalam pencegahan dan pengelolaan tekanan darah tinggi," tambahnya.

Penelitian yang diterbitkan November ini di European Journal of Preventive Cardiology, mengikuti partisipan selama tiga tahun. Hampir 6 dari 10 peserta adalah perempuan.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top