Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Energi Terbarukan

Sinergi Vokasi Penting untuk Kembangkan Industri PLTS

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Direktur Center for Development of Sustainable Region dari Pusat Studi Energi Universitas Gadjah Mada Rachmawan Budiarto mengusulkan agar sekolahsekolah vokasi ikut terlibat dalam pengembangan industri PLTS di dalam negeri.

"SMK punya bengkel yang saat ini tujuan utamanya adalah pendidikan. Kita tingkatkan afirmasinya sehingga mereka diberi keleluasaan untuk memproduksi dan menjual," ujarnya dalam webinar yang dipantau di Jakarta, Selasa (31/8).

Rachmawan menjelaskan sekolah vokasi bisa menyuplai sumber daya manusia yang mumpuni untuk sektor industri dalam bidang energi terbarukan, terutama pembangkit listrik tenaga surya.

Menurutnya, pekerjaan rumah terbesar Indonesia saat ini adalah anggaran swasta maupun APBN yang terbuang untuk operasional dan perawatan. Sinergi vokasi dapat mengurangi beban itu, sekaligus mendorong pengembangan industri lokal.

"Bayangkan simpul ribuan SMK kalau digabungkan dan diintegrasikan dalam supply chain industri energi terbarukan dalam hal ini fotovoltaik akan luar biasa," ujar Rachmawan.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top