Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Semoga Konflik segera Diatasi, Tiongkok Yakini Rusia Mampu Atasi Wagner

Foto : ANTARA/REUTERS/Stringer

Sebuah kolom militer kelompok tentara bayaran swasta Wagner melaju di sepanjang jalan raya M-4, yang menghubungkan ibu kota Moskow dengan kota-kota selatan Rusia, dekat Voronezh, Rusia, Sabtu (24/6/2023).

A   A   A   Pengaturan Font

Beijing - Semoga konflik segera diatasi. Tiongkok meyakini Rusia di bawah pemerintahan Vladimir Putin akan mampu mengatasi masalah terkait percobaan pemberontakan yang dilancarkan kelompok tentara bayaran Wagner pimpinan Yevgeny Prigozhin.

"Sebagai tetangga dekat dan mitra strategis, Tiongkok mendukung Rusia dalam menjaga stabilitas nasional dan kami yakin dengan kemampuan Rusia," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok (MFA) Mao Ning di Beijing, Selasa.

Dalam menanggapi pertanyaan terhadap pemberontakan Wagner yang gagal itu, dia menjawab bahwa hal tersebut merupakan urusan dalam negeri Rusia.

"Tiongkok dan Rusia tetap menjaga hubungan komunikasi yang baik di semua tingkatan," ujarnya.

Namun dia mengaku tidak tahu apakah Presiden Tiongkok Xi Jinping telah berbicara secara personal dengan Presiden Putin terkait masalah Wagner tersebut.

"Terkait hal itu, saya tidak mendapatkan informasi apa pun," kata Mao.

Ia justru kembali menegaskan sikap tegas Tiongkok terhadap isu Ukraina yang mendukung dilakukannya pembicaraan damai dan penyelesaian secara politis.

"Tiongkok selalu siap bekerja sama dengan beberapa negara agar berperan konstruktif untuk meredakan situasi," ujarnya.

Sebelumnya Rusia menuduh Prigozhin memimpin tentara bayarannya melancarkan pemberontakan bersenjata terhadap Kremlin.

Namun atas mediasi Presiden Belarusia Alexander Lukashenko, Prigozhin menerima kesepakatan deeskalasi.

Untuk menghindari pertumpahan darah, kasus pidana terhadap Prigozhin akan dibatalkan dan tentara bayaran Wagner tidak akan diadili karena dianggap berprestasi di garis terdepan Ukraina.


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top