Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Perubahan Iklim I Kekeringan, Banjir, dan Kebakaran Hutan Makin Parah

Sekjen PBB Serukan Upaya Hentikan Perusakan Bumi

Foto : ISTIMEWA

ANTONIO GUTERRES Sekjen PBB - Setiap detik, lahan sehat seluas sekitar empat lapangan sepak bola mengalami degradasi.

A   A   A   Pengaturan Font

Tanah yang sehat memberi pakaian dan tempat berlindung bagi manusia serta menyediakan lapangan kerja dan penghidupan masyarakat.

NEW YORK - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB, Antonio Guterres, menyerukan upaya untuk menghentikan perusaan Bumi karena hampir 40 persen lahan di seluruh planet ini mengalami degradasi, dengan tambahan beberapa hektare lahan terdegradasi setiap detiknya.

"Setiap detik, lahan sehat seluas sekitar empat lapangan sepak bola mengalami degradasi," kata Guterres dalam sebuah pesan video untuk Hari Memerangi Desertifikasi dan Kekeringan Sedunia, Senin (17/6).

Seperti dikutip dari Antara, Guterres mengatakan keamanan, kesejahteraan, dan kesehatan miliaran orang bergantung pada lahan subur yang mendukung kehidupan, mata pencaharian, dan ekosistem, namun manusia merusak Bumi yang menopang kehidupan.

"Tanah yang sehat tidak hanya memberi kita hampir 95 persen makanan yang dikonsumsi di seluruh dunia, namun lebih dari itu. Tanah ini memberi pakaian dan tempat berlindung bagi manusia, menyediakan lapangan kerja dan penghidupan, serta melindungi masyarakat dari kekeringan, banjir, dan kebakaran hutan yang semakin parah," ujarnya.

"Seperti pesan yang dibawa pada fokus hari (Memerangi Desertifikasi dan Kekeringan) sedunia tahun ini, kita harus 'Bersatu demi Tanah'," katanya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top