Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Konflik di Myanmar

Sekjen PBB Kutuk Serangan Militer Terhadap Sipil

Foto : AFP/CHARLY TRIBALLEAU

Sekjen PBB, Antonio Guterres

A   A   A   Pengaturan Font

Menanggapi terjadinya serangan militer baru-baru ini yang menewaskan sejumlah warga sipil di Negara Bagian Rakhine, Sekjen PBB mengutuk pihak junta militer.

NEW YORK - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres, pada Kamis (6/6) mengutuk serangan baru-baru ini dilakukan militer Myanmar yang dilaporkan menewaskan sejumlah warga sipil di Negara Bagian Rakhine, bagian barat negara itu.

"Sekjen Guterres mengutuk keras serangan baru-baru ini oleh militer Myanmar yang dilaporkan telah menewaskan sejumlah warga sipil, termasuk di Negara Bagian Rakhine," kata juru bicara Guterres, Stephane Dujarric, dalam sebuah pernyataan.

Serangan itu terjadi setelah Tentara Arakan (AA), sebuah kelompok bersenjata etnis minoritas, menyerang pasukan junta di Rakhine pada November 2023 lalu, mengakhiri gencatan senjata yang sebagian besar telah dilakukan sejak kudeta militer pada 2021.

AA mengatakan pihaknya memperjuangkan otonomi lebih besar bagi penduduk etnis Rakhine di negara bagian barat, yang juga merupakan rumah bagi sekitar 600.000 anggota minoritas Muslim Rohingya yang teraniaya.

Pekan ini AA mengatakan pasukan junta telah membunuh lebih dari 70 warga sipil dalam serangan di Desa Byain Phyu di utara ibu kota negara bagian, Sittwe.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top