Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Pemanasan Global

Salju di Himalaya Menipis Ancam Keamanan Air

Foto : AFP/PRAKASH MATHEMA

Pemandangan danau glasial Imja di wilayah Everest, Distrik Solukhumbu, sekitar 140 km timur laut Kathmandu, Nepal, beberapa waktu lalu.

A   A   A   Pengaturan Font

KATHMANDU - Para ilmuwan, pada Senin (17/6), memperingatkan jutaan orang yang bergantung pada pencairan salju Himalaya untuk mendapatkan air menghadapi risiko kekurangan air yang sangat serius pada tahun 2024 setelah curah salju ditemukan pada tingkat terendah.

Dikutip dari The Straits Times, laporan itu menyebutkan pencairan salju merupakan sumber sekitar seperempat dari total aliran air di 12 daerah aliran sungai besar yang berasal dari dataran tinggi di wilayah itu.

"Ini merupakan peringatan bagi para peneliti, pembuat kebijakan, dan masyarakat hilir," kata penulis laporan, Sher Muhammad, dari International Centre for Integrated Mountain Development (ICIMOD), yang berbasis di Nepal.

"Akumulasi salju yang lebih sedikit dan tingkat salju yang berfluktuasi menimbulkan peningkatan risiko kekurangan air yang sangat serius, khususnya pada tahun ini."

Menurut ICIMOD, salju dan es di Himalaya merupakan sumber air penting bagi sekitar 240 juta orang di daerah pegunungan, serta bagi 1,65 miliar orang lainnya yang tinggal di lembah sungai di bawahnya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top