Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Rusun Pasar Rumput, Hunian Vertikal Ideal

Foto : ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa

Petugas membersihkan anak tangga di Rumah Susun Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, Senin (20/9/2021). Rumah Susun Pasar Rumput yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo tersebut akan menampung warga terdampak program normalisasi Sungai Ciliwung.

A   A   A   Pengaturan Font

Rusun Pasar Rumput bisa dijadikan contoh pembangunan hunian vertikal lainnya, termasuk hunian vertikal DP 0 Persen yang dinjanjikan Gubernur DKI Anies Baswedan dalam kampanyenya.

Sebagai ibu kota negara dan kota terbesar di Indonesia, Jakarta adalah magnet bagi seluruh warga Indonesia. Tiap tahun Jakarta menjadi tujuan bagi para pencari kerja, baik yang berpendidikan tinggi maupun menengah, baik yang punya skill dan yang tidak punya skill.

Setelah mendapat kerja, tempat tinggal merupakan kebutuhan utama. Kalau dari gaji yang diterima, untuk beli rumah di Jakarta bagi pekerja pemula, lulusan perguruan tinggi sekalipun, itu hal yang mustahil. Harga rumah di Jakarta sangat-sangat tidak terjangkau bagi pekerja pemula ataupun keluarga baru. Konon harga tanah termahal di Jakarta di kawasan Thamrin-Sudirman dua tahun lalu, bisa mencapai 150 juta per meter persegi.

Baca Juga :
Kapal Selam Alugoro

Kawasan Jabodetabek akhirnya menjadi pilihan utama bagi pekerja pemula atau keluarga muda. Risikonya, tiap hari harus menempuh waktu sekitar 2 jam untuk menuju tempat kerja. Itu pun harus berdesak-desakan di transportasi umum. Sangat melelahkan dan itu akan mengurangi produktivitasnya.

Menyewa tempat tinggal di dekat kantor memang bisa menjadi alternatif. Tapi daya tampung rumah sewa atau rumah kos sangat terbatas. Membangun hunian vertikal baik itu yang namanya rumah susun ataupun apartemen menjadi solusi mengatasi hal ini.

Baca Juga :
Vaksinasi Mandiri

Menyadari hal ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat membangun Rumah Susun Pasar Rumput. Pembangunannya sudah selesai sejak September 2019 lalu dan sudah diserahterimakan ke Pemprov DKI Jakarta. Namun karena sempat digunakan sebagai rumah sakit darurat bagi penderita Covid-19, baru diresmikan Presiden joko Widodo, Senin (20/9).
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : M. Selamet Susanto

Komentar

Komentar
()

Top