Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Russia Memveto Resolusi Dewan Keamanan PBB soal Serangan ke Ukraina

Foto : Istimewa

Wakil Tetap Amerika Serikat untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Linda Thomas-Greenfield berpidato di pertemuan Dewan Keamanan tentang situasi di Ukraina.

A   A   A   Pengaturan Font

NEW YORK - Russia pada Jumat (25/2) memveto resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang akan menuntut agar Moskow segera menghentikan serangannya terhadap Ukraina dan menarik semua pasukan, sebuah langkah yang menurut beberapa anggota Dewan menyedihkan, tetapi tak terhindarkan.

Sementara 11 dari 15 anggota Dewan memberikan suara mendukung teks tersebut, Tiongkok, India, dan Uni Emirat Arab (UEA) abstain.

Suara 'tidak' dari salah satu dari lima anggota tetap Dewan menghentikan tindakan atas tindakan apa pun yang diajukan sebelumnya. Anggota tetap badan tersebut adalah Tiongkok, Prancis, Federasi Russia, Inggris, dan Amerika Serikat.

Upaya terbaru Dewan Keamanan untuk mengakhiri krisis Ukraina mengakhiri aktivitas seminggu di PBB yang mencari pelanggaran diplomatik terhadap aksi militer Russia di negara itu, termasuk pantauan pers hampir setiap hari oleh Sekretaris Jenderal, tiga sesi Dewan darurat, dan satu pertemuan. Dari 193-anggota Majelis Umum, yang melihat pembicara demi pembicara menyerukan de-eskalasi.

Berbicara kepada wartawan setelah pertemuan Dewan Sabtu malam, Sekretaris Jenderal PBB, António Guterres, menekankan meskipun PBB hari ini belum mencapai tujuan utamanya untuk mengakhiri perang, "kita tidak boleh menyerah".
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top