Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Kerja Sama Bilateral

RI-Jepang Dorong Percepatan Transisi Energi

Foto : ISTIMEWA

Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pemerintah Indonesia dan Jepang membahas peluang kerja sama ekonomi dan percepatan transisi energi di sela Pertemuan Menteri Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF) di San Fransisco, Amerika Serikat (AS). Pembahasan dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto dan Menteri Ekonomi Perdagangan dan Industri Jepang Nishimura Yasutoshi

"Pertemuan berlangsung hangat dan konstruktif, membicarakan eksplorasi peluang-peluang kerja sama di berbagai sektor seperti energi terbarukan, teknologi, infrastruktur, perikanan dan progress perundingan dalam IPEF," kata Airlangga melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu (15/11).

Baca Juga :
Tambah 500 SPKLU

Di awal pertemuan, Menteri Nishimura menyampaikan keinginannya untuk segera menyelesaikan seluruh pilar IPEF secara substansi yang diharapkan dapat memperkuat sektor industri, mempercepat proses transisi energi sesuai inisiatif Asia Zero Emission Community (AZEC), dan keinginan Jepang untuk memperkuat kerja sama dengan seluruh negara ASEAN melalui IPEF.

Jepang mendapatkan persetujuan kabinet untuk mengalokasikan sekitar 1 miliar dolar AS melalui proyek-proyek konkret pada IPEF. "Kami menantikan kerja sama dengan Jepang di Pilar 2, Pilar 3 dan Pilar 4 IPEF" ujar Menko Airlangga menanggapi Menteri Nishimura.

Dia menjelaskan Pilar 1 IPEF masih belum sesuai target penyelesaian karena terdapat sejumlah isu di beberapa bagian atau chapter yang memerlukan pembahasan lebih lanjut. Salah satu fokus dari Pemerintah Indonesia saat ini adalah mineral kritis (critical mineral).
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top