Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Produsen Energi Prancis Operasikan Dua Tenaga Angin di Polandia

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Produsen energi terbarukan independen asal Perancis, Qair mengumumkan pengoperasian dua pembangkit listrik tenaga angin di Polandia yang telah memperluas armada pembangkit listrik tenaga terbarukan di negara tersebut menjadi 388,5 MW.

Pembangkit listrik baru ini dipasang di lahan pertanian di kota Widuchowa dan Stawiszyn, di Greater Poland Voivodeship, Polandia bagian tengah. Didukung oleh lima generator turbin Vestas V110, ladang angin ini akan mampu menghasilkan sekitar 400.000 MWh tenaga listrik ramah lingkungan setiap tahunnya. Hasil gabungannya diperkirakan cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik sekitar 18.000 rumah per tahun.

Qair mendapatkan lisensi pembangkit listrik untuk kedua pembangkit tersebut pada kuartal terakhir tahun 2023. Qair telah aktif di Polandia sejak tahun 2015 melalui anak perusahaannya, Qair Polska. Saat ini, perusahaan ini memiliki 11 pembangkit listrik tenaga angin di beberapa wilayah dengan total 262,5 MW dan pembangkit listrik tenaga surya dengan kapasitas gabungan 126 MW. Selain itu, tiga proyek pembangkit listrik tenaga surya (PV) berskala besar dengan total 120 MW sedang dalam tahap konstruksi.

Sebagai informasi, penggunaan tenaga angin merupakan salah satu langkah krusial dalam transisi energi global menuju sistem yang lebih berkelanjutan. Tenaga angin memanfaatkan daya gerak udara yang disebabkan oleh perbedaan suhu dan tekanan di atmosfer, mengubahnya menjadi listrik melalui turbin angin. Pentingnya tenaga angin dalam transisi energi dapat dilihat dari beberapa aspek kunci.

Tenaga angin merupakan sumber energi terbarukan yang melimpah dan dapat diandalkan. Angin tidak hanya tersedia secara terus-menerus, tetapi juga dapat dimanfaatkan di berbagai lokasi di seluruh dunia. Selain itu, tenaga angin memiliki dampak lingkungan yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan pembangkit listrik berbahan bakar fosil.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top