Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Produksi Porang Dipacu

Foto : istimewa

Tanaman Porang

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) menggenjot pengembangan porang sebagai komoditas ekspor seiring tingginya permintaan, terutama di pasar global. Di pasar ekspor, porang banyak dicari sebagai bahan makanan dan industri obat serta kecantikan. Karenanya, harga porang pun menjadi sangat menjanjikan bagi petani.

"Kami akan terus meningkatkan budidaya porang ini dalam berbagai aspek salah satunya dalam pengamanan produksi porang," ungkap Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan, Suwandi di Jakarta, Selasa (2/3).

Saat ini, ada 20.000 hektare lahan di Indonesia yang ditanami porang dan terus bertambah. Porang ini sudah diekspor ke 16 negara dengan negara tujuan terbesar Tiongkok, Thailand, dan Vietnam dalam bentuk chips, tepung dan lainnya.

"Pada 2020, sebanyak 19.800 ton porang diekspor dengan nilai 880 miliar rupiah," katanya.

Suwandi juga meminta pihaknya agar terus mengawal dan menuntaskan masalah-masalah pertanian seperti hama dan serangan penyakit dengan melakukan upaya-upaya maksimal. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga dan mengamankan produksi komoditas pertanian.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini

Komentar

Komentar
()

Top