Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Prihatin Nasib Pengungsi Rohingya, Ini Pesan Din Syamsuddin untuk Warga Aceh

Foto : ANTARA /Ampelsa

Pengungsi Rohingya dinaikkan ke truk saat berlangsung pemindahan paksa oleh mahasiswa di penampungan sementara gedung Balai Meuseuraya Aceh (BMA), Banda Aceh, Aceh, Rabu (27/12/2023). Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin berpesan kepada masyarakat Aceh agar menjadi Kaum Ansar atau kaum penolong bagi para pengungsi Rohingya.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin berpesan kepada masyarakat Aceh agar menjadi Kaum Ansar atau kaum penolong bagi para pengungsi Rohingya.


"Jadilah Kaum Ansar yang menyambut dan menerima Kaum Muhajirin waktu hijrah di Madinah dulu," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (30/12).

Din menilai para pengungsi Rohingya adalah kaum yang terzalimi, karena terusir dari kampung halaman mereka oleh Rezim Militer Myanmar.


"Mereka teraniaya dan harus menderita mengarungi lautan luas untuk mencari perlindungan dan keselamatan," tambahnya.

Menurut Din, membantu pengungsi Rohingya merupakan kewajiban keagamaan bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Aceh.

Aceh, kata dia, merupakan Darussalam atau Negeri Damai yang ditakdirkan oleh Allah SWT menjadi tujuan para pengungsi Rohingya."Ini adalah ujian sekaligus kesempatan beramal bagi rakyat Aceh," ucapnya.


Ia mengutip pesan Nabi Muhammad SAW yang mengatakan perumpamaan kaum beriman bagaikan jasad yang satu, jika satu anggota jasad merasa sakit, maka seluruh anggota yang lain merasa sakit pula.

Diketahui pada Rabu (27/12) ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Aceh melakukan aksi menolak etnis Rohingya di Tanah Rencong, dan membawanya ke halaman kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Aceh.

Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top