Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Gelaran Asian Games - Kemenpar Siapkan 75 Paket Wisata dengan Memasarkan 7 Destinasi Utama

Potensi Ekonomi Sekitar Rp3,6 Triliun

Foto : ANTARA/Puspa Perwitasari

Pegawai Istana melintasi maskot Asian Games XVIII di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (14/5). Istana Kepresidenan berhias dengan memajang maskot Bhin Bhin, Kaka dan Atung untuk menyemarakkan perhelatan Asian Games XVIII pada 18 Agustus 2018.

A   A   A   Pengaturan Font

Dampak langsung pengeluaran peserta dan pengunjung Asian Games 2018 ditaksir bisa mencapai 3,6 triliun rupiah.

JAKARTA - Pemerintah optimistis ajang Asian Games pada 18 Agustus-2 Septemer mendatang akan memberikan manfaat ekonomi bagi Indonesia sebagai tuan rumah. Hajatan akbar olah raga negara-negara di kawasan Asia tersebut diperkirakan akan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, baik daerah maupun nasional.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengungkapkan manfaat ekonomi yang akan tercipta dalam gelaran Asian Games adalah meningkatkan sektor pariwisata dan aktivitas ekonomi lokal, menciptakan lapangan kerja, mendorong pengembangan kota melalui pembangunan infrastruktur fasilitas olahraga, dan merupakan ajang promosi untuk citra positif bangsa.

Menteri Bappenas menyampaikan dampak ekonomi yang tercipta dari ajang internasional ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu: dampak ekonomi langsung dan dampak ekonomi tidak langsung. Dampak ekonomi langsung merupakan besaran nilai ekonomi yang tercipta secara langsung akibat adanya aktivitas ekonomi yang dilakukan pada saat persiapan, saat acara berlangsung, dan saat setelah acara berlangsung.

"Adapun dampak ekonomi tidak langsung adalah nilai ekonomi lanjutan yang tercipta akibat adanya efek pengganda dalam perekonomian, di mana efek yang akan terjadi adalah dorongan terhadap pertumbuhan ekonomi di provinsi dan nasional, penyerapan tenaga kerja, serta peningkatan pendapatan," jelasnya dalam pernyataan tertulis kepada Koran Jakarta, Senin (14/5).

Seperti diketahui, 45 negara peserta Asian Games 2018 akan mengirimkan 10.000 atlet dan 5.000 officials, serta akan bersaing sehat dalam 462 cabang olah raga. Asian Games 2018 diprediksi akan mendatangkan 2 juta penonton dengan perkiraan 200 ribu orang diantaranya adalah penonton internasional.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Mohammad Zaki Alatas

Komentar

Komentar
()

Top