Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
DISKONTO

PLN Kucurkan 160 Triliun Pacu Elektrifikasi

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Neegara atau PLN (Persero) menyiapkan investasi sebesar 160 triliun rupiah untuk membangun sistem tenaga listrik, mulai dari pembangkit listrik, sistem transmisi, distribusi, hingga retail.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril mengatakan anggaran sebesar tersebut selain membangun pembangkit listrik juga ditujukan demi mencapai target rasio elektrifikasi 100 persen pada 2022. "Harapan kita dengan investasi sebesar itu, kita bisa melaksanakan apa yang diamanatkan pemerintah yaitu sediakan listrik secara andal dan juga meraih apa yang dicita-citakan yakni rasio elektrifikasi 100 persen pada 2022," ujar Bob, Jakarta, Senin (15/2).

Baca Juga :
Tarif Listrik Tetap

Dia menambahkan, dari anggaran sebesar 160 triliun rupiah tersebut, nantinya bakal diserap pada 2021 kemungkinan sebesar 78 triliun rupiah atau hampir mencapai 50 persen dari keseluruhan. "Kita alokasikan sekitar lebih dari 100 triliun rupiah, investasi kurang lebih 160 triliun rupiah murninya, sekitar 78 triliun rupiah yang bisa diserap tahun ini," ujarnya.

Mengenai rasio elektrifikasi, Direktur Perencanaan Korporat PLN, Muhammad Ikbal Nur sempat mengatakan tantangan utama bagi PLN saat ini adalah melistriki semua wilayah di Indonesia. Hingga akhir 2020, rasio elektrifikasi mencapai sekitar 99 persen. Namun, PLN berkomitmen untuk melistriki 100 persen wilayah di Indonesia.

"Kami sebagai perusahaan listrik, target utama adalah tingkatkan rasio elektrifikasi. Akhir tahun 2020 sudah 99 persen, melistriki 100 persen memang pekerjaan rumah yang besar," ujarnya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Djati Waluyo

Komentar

Komentar
()

Top