Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
VARIA

Perguruan Tinggi Sulit Ajak Industri Jadi Mitra Riset

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

SEMARANG - Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Budi Setiyono, mengatakan hingga saat ini perguruan tinggi (PT) masih sulit mengajak industri jadi mitra riset sehingga sukar melakukan hilirisasi hasil-hasil penelitian.

"Industri kita itu predatoris. Dalam hal riset, mereka tidak mau menjadi mitra perguruan tinggi," kata dia dalam diskusi bertajuk Peran Jurnalisme pada Era Society 5.0, di kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (10/12).

Budi mengatakan alih-alih industri-industri besar tersebut bermitra dengan perguruan tinggi, mereka malah mendirikan perguruan tinggi sendiri. Dengan demikian, tidak ada hilirisasi riset. "Bagaimana perguruan tinggi bisa 'melempar' hasil riset kalau tidak ada mitra, kecuali universitas mendirikan industri sendiri," tambahnya.

Ia menegaskan perguruan tinggi tidak bisa terus menunggu hasil riset mereka digunakan oleh industri atau perusahaan. Sejauh ini yang bisa dilakukan setelah riset yakni mengirimkan hasilnya ke jurnal agar mendapatkan sitasi (citation).

"Kita tidak bisa menunggu jika perguruan tinggi memang tidak punya sinergi yang predictable dengan industri. Itu akan terlalu lama menunggu. Sifat industri kita itu predatoris," tandasnya. SM/E-3

Komentar

Komentar
()

Top