Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Pemkab Jayapura Minta Warga Aktif Bersihkan Sampah di Lingkungan RT/RW

Foto : ANTARA/Yudhi Efendi

Kepala DLH Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri.

A   A   A   Pengaturan Font

Pemkab Jayapura gerakkan warga bersihkan sampah di lingkungan RT/RW

SENTANI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua menggerakkan warga untuk ikut aktif membersihkan sampah di lingkungan RT/RW di Kelurahan Sentani Kota.

Gerakan membersihkan sampah di lingkungan RT/RW di Kelurahan Sentani Kota, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura merupakan rangkaian dari peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri di Sentani, Kamis, mengatakan gerakan pembersihan lingkungan telah dilakukan secara serentak sejak Rabu (21/2) dan akan berlangsung sampai Jumat (23/2).

"Dinas Lingkungan Hidup bersama Kelurahan Sentani Kota akan menggelar pembersihan di wilayah Sentani untuk menciptakan suasana yang asri," katanya.

Menurut Basri, momentum ini juga sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk terus meningkatkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sekitar.

"Kami mau mengajak masyarakat Kabupaten Jayapura untuk lebih peduli terhadap sampah, karena sampah kalau tidak ditangani atau tak dipedulikan akan membawa bencana," ujarnya.

Dia menjelaskan gerakan kebersihan ini akan dilakukan Kelurahan Sentani Kota bersama warga dan pihak terkait. "Sepuluh unit kendaraan operasional atau truk difungsikan di kegiatan ini dan seluruh personel Dinas Lingkungan Hidup akan ambil bagian," katanya.

Dia menambahkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan perlu ditingkatkan lagi sehingga pengelompokan sampah berdasarkan jenis dapat dilakukan.

"Sampah organik, sampah nonorganikdan sampah plastik masyarakat dari rumah sudah harus dipisahkan sebelum dibawa ke tempat atau truk sampah," ujarnya.


Redaktur : -
Penulis : Antara, Alfred

Komentar

Komentar
()

Top