Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Pemindahan Ibu Kota I Integrasi Layanan Aplikasi di Kementerian Sedang Dilakukan

Pemerintah Siapkan 250.000 ASN Baru di IKN

Foto : ISTIMEWA

ABDULLAH AZWAR ANAS Menpan RB - Presiden memerintahkan membuat skenario komprehensif terkait dengan rencana pemindahan ASN menyeluruh.

A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah sedang mempertimbangkan agar ada persentase masyarakat lokal diberikan ruang khusus untuk menjadi ASN di IKN.

JAKARTA - Pemerintah sedang mematangkan rencana pemindahan aparatur sipil negara (ASN) secara menyeluruh ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. "Sedang dimatangkan skenarionya, termasuk akan ada formasi untuk pemerintah pusat sekitar 250.000 formasi ASN fresh graduate untuk IKN," katanya.

"Presiden memerintahkan membuat skenario komprehensif terkait dengan rencana pemindahan ASN menyeluruh," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas, dalam doorstop setelah Rapat Komite Manajemen Risiko Pembangunan Nasional (MRPN) di Gedung Bappenas, Jakarta, Selasa (31/1).

Seperti dikutip dari Antara, Azwar Anas mengatakan bahwa pihaknya sedang matangkan skenario tersebut, termasuk akan ada formasi untuk pemerintah pusat sekitar 250.000 formasi fresh graduate untuk IKN, salah satunya akan memilih talenta-talenta digital yang pada bulan Maret akan mengambil tes untuk mereka.

Kedua, tambah dia, pihaknya sedang menyempurnakan sistem smart ASN yang akan mengintegrasikan seluruh layanan ASN ke dalam satu smart ASN.

Untuk sementara, kata dia, user single sign on (SSO) yang digunakan ASN memakai identitas kependudukan digital (IKD) sehingga ASN segera membuat IKD agar memperoleh layanan e-kinerja, termasuk pembelajaran dan diklat. Selain itu, pemerintah juga mendorong proses integrasi layanan berbagai aplikasi yang ada di kementerian.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Eko S

Komentar

Komentar
()

Top