Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Konflik di Myanmar I Jalan Raya Asia yang Menghubungkan Myanmar-Thailand Terhambat

Pasukan Etnis Bentrok dengan Tentara Junta di Jalur Perdagangan

Foto : AFP

Jalan Raya Asia | Sejumlah truk pengangkut menepi di jalan raya Asia yang menghubungkan Kota Yangon dengan Kota Myawaddy dekat Kota Kawkareik beberapa waktu lalu. Di jalur sepanjang 400 kilometer ini kerap terjadi bentrokan sporadis antara tentara junta dengan kelompok etnis bersenjata.

A   A   A   Pengaturan Font

Situasi konflik di Myanmar kian memanas dan meluas setelah kelompok etnis minoritas bersenjata bentrok dengan tentara junta di jalur perdagangan utama menuju Thailand.

YANGON - Kelompok etnis minoritas bersenjata Myanmar pada Jumat (1/12) bentrok dengan tentara junta di jalur perdagangan utama menuju Thailand. Akibat bentrokan itu, arus lalu lintas di jalur itu terhalang dan membuat banyak warga melarikan diri, kata penduduk dan media lokal.

"Kelompok etnis bersenjata dari Persatuan Nasional Karen (KNU) bertempur dengan tentara junta saat fajar di Kota Kawkareik di Negara Bagian Karen timur," menurut laporan media setempat.

Kota ini terletak di jalan raya Asia yang menghubungkan pusat perdagangan Myawaddy di perbatasan Thailand dengan kota terbesar di Myanmar, Yangon.

Video dari Kawkareik yang diunggah ke media sosial menunjukkan sekitar belasan truk diparkir dan kepulan asap membubung ke langit saat masyarakat berlindung.

Seorang warga Kyondoe, sebuah kota sekitar 20 kilometer sebelah barat Kawkareik di sepanjang jalan raya, melaporkan mendengar suara tembakan artileri dari pangkalan militer terdekat sejak Kamis (30/11) malam.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top