Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

Panahan Indonesia Segel Dua Tiket Tambahan ke Olimpiade Paris 2024

Foto : ANTARA/Hafidz Mubarak A

Arsip - Pepanah Indonesia Diananda Choirunisa melesatkan anak panah pada semifinal recurve beregu campuran Asian Games 2022 di Fuyang Yinhu Sports Centre, Hangzhou, China, Rabu (4/10/2023).

A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta - Tim panahan Indonesia menyegel dua tiket tambahan Olimpiade Paris 2024 dari perebutan sisa tiket berdasarkan kuota rangking dunia.

Kepastian tersebut diperoleh usai di babak eliminasi beregu recurve putri menempati peringkat ketiga pada ajang Hyundai Archery World Cup Stage (AWCS) 3 di Antalya, Turki, Kamis (20/6).

"Kita patut bersyukur karena kegigihan tim beregu recurve putri Indonesia yang kembali membuka lebar peluang Indonesia untuk mendapatkan medali di Olimpiade Paris. Dengan dua tiket ini, Panahan Indonesia dapat berlaga di kategori individu putra dan putri, beregu putri, dan beregu campuran (mixed) pada Olimpiade Paris nanti," ujar Ketua Umum PB Perpani Arsjad Rasjid dilansir dari keterangan resmi Perpani, Kamis.

Beregu recurve putri Indonesia kini menempati peringkat kesembilan dunia dengan total 179,5 poin. Total poin tersebut diperoleh dari keikutsertaan beregu recurve putri di ajang AWCS 1 2024 yang berlangsung di Yecheon, Korea Selatan lalu AWCS 2 2024 yang digelar di Shanghai, China lalu World Cup Championship 2023 di Berlin, Jerman, dan AWCS 3 2024 di Shanghai, China. Keempat turnamen tersebut merupakan event resmi yang masuk pada perhitungan poin menuju Olimpiade Paris 2024.

Pada AWCS 1 dan 2, tim beregu recurve putri Indonesia menempati peringkat keempat dan mendapat total 48 poin untuk masing-masing turnamen. Sementara itu, pada Kejuaraan Dunia Panahan di Berlin, Indonesia finis di peringkat 6 dan mendapatkan 47,5 poin, sedangkan di AWCS 3 Shanghai, Indonesia finis di peringkat ke-4 dengan perolehan 36 poin.

Pesaing terdekat Indonesia dalam perebutan tiket melalui jalur kuota rangking dunia beregu yakni tim beregu recurve putri Jepang. Namun, tim Srikandi yang kini menyabet juara ketiga di AWCS 3 di Antalya secara matematis perolehan poinnya tak dapat dikejar oleh Jepang.

Kuota rangking dunia hanya menyisakan dua kota yang ditentukan berdasarkan peringkat akhir tertinggi. Sementara itu, peringkat satu hingga tujuh beregu recurve putri dunia yang berada di atas Indonesia sudah mengantongi tiket Olimpiade Paris 2024 terlebih dahulu.

Dengan hasil pertandingan terakhir kualifikasi di Antalya, India dan Indonesia berhak atas tiket beregu putri. Pasalnya, peringkat India dan Indonesia yang berurutan menempati peringkat delapan dan sembilan adalah yang tertinggi dan sudah tidak dapat dikejar negara lain.


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top