Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Merakyat, Relawan Ganjar-Mahfud Sediakan Tebus Murah Sembako

Foto : ANTARA/HO-KawanJuang

Warga mengantre untuk mendapatkan sembako di pasar murah yang diselenggarakan sukarelawan KawanJuang, pendukung Ganjar-Mahfud, di Lapangan UNI, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/2/2024).

A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta - Sukarelawan Ganjar Pranowo-Mahfud Md., KawanJuang, menyediakan program Tebus Murah Sembako untuk meraup suara di Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu.

"Harapannya dengan adanya kegiatan ini intinya sih meraih suara. Cuma pada prinsipnya dari KawanJuang ini kami melakukan kegiatan yang langsung dirasakan masyarakat, kami cenderung bakti sosial dan tidak lewat orasi politik," kata anggota Tim Relawan KawanJuangDedi Mustruli dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Sukarelawan Ganjar-Mahfud KawanJuang menyelenggarakan acara bakti sosial Tebus Murah Sembakodi Lapangan UNI Jebreeet Media Arena, Jalan Baturaden Raya, Rancasari, Kota Bandung, dengan menyediakan sebanyak 1.500 paket sembako untuk warga.

Dedi menyebutkan paket sembako itu berisi dua item, yakni beras 2,5 kilogram dan minyak goreng kemasan 1 liter.

Menurut dia, warga hanya perlu menebus sembako tersebut dengan membayar Rp5.000,00 per paket.

"Kegiatan hari ini ada empat kegiatan, yaitu senam sehat, pemeriksaan kesehatan gratis, tebus murah sembako, dan pertandingan sepak bola. Antusiasme masyarakat lumayan ini. Dari target kami,menyiapkan sembako 1.500 paket, semuanya habis," kata Dedi.

Dikatakan pula bahwa mulanya paket sembako itu hendak dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat, tetapi karena adanya aturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait dengan pelarangan bagi-bagi sembako, kegiatan baksos disiasati dengan hanya bayar Rp5.000,00 saja.

Pelaksanaan program tersebut, lanjut dia, menggunakan pendekatan dengan cara berusaha mengambil simpati masyarakat lewat melaksanakan kegiatan bakti sosial yang langsung dirasakan warga.

"Kami mengetuk hati masyarakat, membangun kesadaran. Ini metode kampanye yang kami jalankan. Anggaran sendiri kami patungan, murni dari hasil mengumpulkan dana dari hamba Allah," katanya.

Dedi menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan kegiatan amal dalam rangka kampanye untuk memenangkan pasangan Ganjar-Mahfud sekitar 500 kegiatan dengan fokus utama di wilayah Jawa Barat dan Jakarta.

"Kami ini agak unik, tim inti tidak banyak, tetapi kalau melakukan kegiatan di daerah tertentu, nah panitianya dari masyarakat, kami hanya support. Jadi, emang lebih kerasa ketika masyarakat dilibatkan langsung. 'Kan kegiatannya untuk masyarakat, tentunya yang melakukan masyarakat tidak ada istilah warga jadi penonton," ucapnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11-13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top