Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Menyelami Aktivitas Warga Desa

Menyelami Aktivitas Warga Desa
Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Paket wisata dengan VW Safari saat ini sedang hits di Magelang. Wisatawan diajak menjelajah beberapa destinasi menarik di seputar candi Borobudur. Penumpang yang sudah memesan tidak perlu repot datang ke lokasi karena panitia menawarkan fasilitas penjemputan ke hotel, stasiun, atau bandara di Yogya dengan mobil biasa.

Sampai di Magelang perjalanan beralih ke mobil VW Safari. Kemudian dilanjutkan ke Punthuk Setumbu, sebuah bukit yang cukup tinggi guna menikmati pemandangan matahari terbit. Wisatawan dijemput pukul 03.00 WIB di Yogya agar bisa menikmati matahari terbit dari bukit tersebut.

Setelah menikmati makanan kecil (snack) di Punthuk Setumbu, Dusun Kurahan, Desa Karangrejo yang asri, perjalanan dilanjutkan berkeliling desa-desa menikmati keindahan alam dan melihat aktivitas penduduk setempat yang kebanyakan bekerja di sawah.

Aktivitas yang dilakukan warga dapat diikuti wisatawan seperti membatik. Hasil membatik bisa dibawa pulang, sekaligus sebagai souvenir untuk mengingat pernah datang ke tempat ini. Selain membatik, juga bisa memilih membuat gerabah dari tanah liat di Dusun Klipoh, Desa Karanganyar, Kecamatan Borobudur.

Konon kekhasan kerajinan gerabah Dusun Klipoh telah ada sejak abad 7-8. Penduduk Dusun Klipoh membuat perkakas rumah tangga, periuk, asbak, miniatur candi, dan patung Buddha. Di sini, wisatawan melihat proses membuat gerabah mulai dari tanah atau lempung sampai jadi.

Acara dilanjutkan berkunjung ke Candi Pawon, sebuah candi agama Buddha yang terletak antara candi Mendut dan Candi Borobudur. Di sini aktivitas diakhiri dengan melepas balon. Perjalanan kemudian diakhiri makan siang di restoran lokal Omah Mbudur di Dusun Jowahan, DesaWanurejo dengan menu khas.

Di Omah Mbudur rombongan wisatawan disuguhi camilan khas ndeso seperti kacang rebus, pisang goreng, klepon, dan segelas wedang jahe. Sambil bersantai, wisatawan dihibur tarian tradisional oleh anak-anak setempat. Selanjutnya wisatawan diantarkan sampai ke Yogya, tempat dijemput.

hay/G-1



(hay/G-1)
Redaktur : Aloysius Widiyatmaka

Komentar

Komentar
()

Top