Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Terobosan Teknologi

Mendompleng Misi ke Asteroid Psych

Foto : NASA/Ben Smegelsky
A   A   A   Pengaturan Font

Pesawat luar angkasa Psyche yang diluncurkan pada 13 Oktober 2023 akan melakukan perjalanan ke asteroid unik kaya logam lalu mengorbit Matahari antara Mars dan Jupiter.

Pesawat luar angkasa Psyche yang diluncurkan pada 13 Oktober 2023 akan melakukan perjalanan ke asteroid unik kaya logam lalu mengorbit Matahari antara Mars dan Jupiter. Pesawat ini meluncur ke luar angkasa dari Kennedy Space Center di Merritt Island, Florida, dengan menggunakan roket SpaceX Falcon Heavy.

Pada Agustus 2029, pesawat luar angkasa ini akan mulai menjelajahi asteroid yang menurut para ilmuwan karena kandungan logamnya yang tinggi mungkin merupakan inti parsial dari sebuah planetesimal, sebuah bahan penyusun sebuah planet awal.

Pesawat luar angkasa ini memiliki panel surya yang luas. Luasnya cukup untuk menutupi sebuah lapangan tenis. Selain itu juga dilengkapi dengan perangkat lunak penerbangan, sistem perlindungan kesalahan, dan sebagian besar sistem telekomunikasi berasal dari Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA di California Selatan.

Salah satu yang ada dalam misi ini dalam misi Psyche adalah Deep Space Optical Communications (DSOC). Perangkat yang teknologi ini digunakan untuk eksperimen yang akan menguji komunikasi optik atau laser di luar Bulan.

Misi utama Psyche adalah untuk mempelajari asteroid kaya logam dengan nama yang sama, terletak di sabuk asteroid utama antara Mars dan Jupiter. Ini adalah misi pertama NASA untuk mempelajari asteroid yang memiliki lebih banyak logam daripada batu atau es.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Haryo Brono

Komentar

Komentar
()

Top