Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Mantap Banyak Sekali, Pemkab Batang Catat Realisasi Investasi Rp6,17 Triliun pada 2023

Foto : ANTARA/Kutnadi

Proses pembangunan di Kawasan Industri Terpadu Batang.

A   A   A   Pengaturan Font

Batang - Mantap banyak sekali, Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mencatat realisasi investasi selama 2023 mencapai Rp6,17 triliun atau melampaui perolehan sebelumnya, yang sebesar Rp5,8 triliun.

Kepala Dinas Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Batang Wahyu Budi Santosa di Batang, Jateng, Selasa, mengatakan pencapaian itu melebihi target sesuai Rencana Pembangunan Daerah 2023 sebesar Rp1,5 triliun.

"Target investasi sesuai Rencana Pembangunan Daerah 2023 hanya Rp1,5 triliun, namun pencapaiannya cukup membanggakan yaitu mampu mencapai Rp6,17 triliun," katanya.

Ia mengatakan realisasi investasi tersebut diperoleh dari penanaman modal asing (PMA) sebesar Rp3,8 triliun dan sisanya dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) baik berskala besar, menengah, dan kecil sekitar Rp2,3 triliun.

Menurut dia, dengan pencapaian pada 2023 itu, maka pemkab menargetkan investasi pada Rencana Pembangunan Daerah 2024 sebesar Rp2 triliun.

Adapun investor PMA yang menanamkan investasi di Kabupaten Batang tersebar di Kawasan Industri Terpadu Batang dan Batang Industrial Park, sedang PMDN ada di sejumlah pantura dan wilayah lainnya.

Wahyu yang didampingi Kepala Bidang Penanaman Modal Sri Cahyaningrum mengatakan investasi di Kawasan Industri Terpadu Batang memberikan kontribusi yang besar terhadap pencapaian nilai investasi dan mencakup penyerapan tenaga kerja 6.791 orang, termasuk tenaga kerja Indonesia (TKI) dan tenaga kerja asing (TKA) yang telah terserap pada 2023.

Saat ini, kata dia, minat investor menanamkan investasi di Kawasan Industri Terpadu Batang terus meningkat dan ada sejumlah perusahaan yang diharapkan pada 2024 segera beroperasi.

"Pemerintah Kabupaten Batang optimistis bahwa target investasi sesuai Rencana Pembangunan Daerah 2024 sebesar Rp2 triliun dapat tercapai," katanya.


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top