Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Lonjakan Harga Cabai Diprediksi Bakal Gerakkan Inflasi pada Juni

Foto : Antara

Ilustrasi cabai di pasar tradisional.

A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta - Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi pada Juni ini akan mencapai 0,5 persen jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya (month-to-month/ mtm), yang antara lain disumbang peningkatan harga cabai.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (24/6), mengatakan perkiraan tersebut berdasarkan Survei Pemantauan Harga pada minggu keempat bulan Juni.

Adapun penyumbang utama inflasi Juni 2022 sampai dengan minggu keempat yaitu cabai merah sebesar 0,17 persen (mtm), cabai rawit sebesar 0,11 persen (mtm), bawang merah sebesar 0,08 persen (mtm), dan telur ayam ras sebesar 0,05 persen (mtm).

Komoditas penyumbang inflasi lainnya yakni air kemasan, nasi dengan lauk, dan angkutan udara masing-masing sebesar 0,02 persen (mtm), serta kangkung, bayam, sabun detergen bubuk/cair, dan rokok kretek filter masing-masing sebesar 0,01 persen (mtm).

Sementara itu, Erwin menyebutkan komoditas yang menyumbang deflasi pada periode ini yaitu minyak goreng sebesar 0,05 persen (mtm) dan daging ayam ras sebesar 0,04 persen (mtm).
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top