Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Lewat Digital 4.0, Kemenkominfo Terus Dorong UMKM Naik Kelas

Foto : Istimewa.

Program Inkubasi Bisnis “UMKM Level Up Business Incubator" 2023.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Untuk mendorong pengembangan UMKM Naik Kelas dan Modernisasi Koperasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membuat program Inkubasi Bisnis "UMKM Level Up Business Incubator" 2023 yang diharapkan mengadopsi Teknologi Digital 4.0p

Direktur Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika, Boni Pudjianto mengatakan kondisi UMKM lokal sempat menurun pada dua tahun pertama pandemi Covid-19 yakni pada 2020-2021.

Berdasarkan survei dari UNDP dan LPEM UI yang melibatkan 1.180 responden para pelaku UMKM, diperoleh hasil bahwa pada masa itu lebih dari 48% UMKM mengalami masalah bahan baku, 77% pendapatannya menurun, 88% UMKM mengalami penurunan permintaan produk, dan bahkan 97% UMKM mengalami penurunan nilai aset.

Baca Juga :
Pendanaan Usaha

"Di tengah ancaman resesi, pelaku UMKM menjadi penentu ekonomi nasional serta memegang peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebab, kelompok UMKM ini memiliki jumlah yang paling banyak dibanding unit usaha lain. Karenanya dalam upaya membangun ekonomi kerakyatan, pihak melakukan pengembangan UMKM Naik Kelas dan Modernisasi Koperasi," kata Boni dalam keterangan tertulsinya, Minggu (3/12).
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Mohammad Zaki Alatas

Komentar

Komentar
()

Top