Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Krisis Laut Merah I Serangan Houthi Turunkan Volume Perdagangan Dunia

Lalu Lintas Terusan Suez Anjlok 42 Persen

Foto : ISTIMEWA

JAN HOFFMAN Ketua Konferensi Perdagangan dan Pembangunan PBB (UNCTAD) - Kami sangat prihatin bahwa serangan terhadap pelayaran Laut Merah menambah ketegangan pada perdagangan global.

A   A   A   Pengaturan Font

Kapal-kapal kontainer tidak berani melewati Laut Merah menuju Suez karena khawatir serangan Houthi dapat memicu ledakan.

NEW YORK - Volume lalu lintas komersial yang melewati Terusan Suez telah turun 42 persen dalam dua bulan terakhir setelah serangan yang dilakukan oleh pemberontak Houthi di Yaman. Kondisi ini mengancam perekonomian dunia.

Dikutip dari The Straits Times, Kamis (25/1), kelompok Houthi yang didukung Iran, mengatakan serangan mereka menargetkan kapal komersial dan militer yang terkait dengan Israel di wilayah tersebut, sebagai solidaritas terhadap warga Palestina di Gaza. Ini mendorong beberapa pengangkut kargo untuk mengambil rute yang lebih panjang dan lebih mahal untuk menghindari serangan.

"Kami sangat prihatin bahwa serangan terhadap pelayaran Laut Merah menambah ketegangan pada perdagangan global, memperburuk gangguan perdagangan (yang sudah ada) karena geopolitik dan perubahan iklim," kata Ketua Konferensi Perdagangan dan Pembangunan PBB atau UN Conference on Trade and Development (UNCTAD), Jan Hoffman.

Menurut UNCTAD, kapal-kapal yang beralih dari Laut Merah dan harus berlayar mengelilingi Tanjung Harapan di Afrika Selatan telah menyebabkan penurunan transit melalui Terusan Suez sebesar 42 persen dalam dua bulan terakhir.

Terusan Suez di Mesir menghubungkan Laut Mediterania dengan Laut Merah. Menurut Hoffman, lebih dari 80 persen volume perdagangan barang internasional dilakukan melalui laut.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : andes
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top