Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Kota Bogor Akselerasi Tanam Padi

Foto : istimewa

beras

A   A   A   Pengaturan Font

BOGOR - Untuk mendorong percepatan stok pangan, maka Kota Bogor akan mempercepat tanam padi. Untuk itu, Kota Bogor menjalin kerja sama dengan Kementerian Pertanian dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Ketiga lembaga tersebut mengadakan rapat di Auditorium Utama Sadikin Sumintawikarta, Kota Bogor. Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, menyebut ada tiga poin yang menjadi solusi pangan ke depan, terutama di tengah kondisi El Nino.

Pertama akan membuka rawa. Sekarang sudah siap 400.000 hektare. "Minimal 300.000 hektare atau 250.000 hektare akan ditanami," kata Amran, di Bogor, Senin.

Kedua membangun pompanisasi di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat di daerah rainfed land atau tanah tadah hujan. Area ini akan diairi dengan sistem pompanisasi. Berdasar pengalaman, kurang lebih bisa mencakup 500.000 hektare.

Langkah ketiga, kata dia, di luar Pulau Jawa disiapkan lahan sampai 500.000 hektare. Namun harus dengan gerakan masif dan ditopang tenaga-tenaga ahli. "BRIN memiliki banyak peneliti. Kurang lebih ada 1.300 orang," ucapnya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top