Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Stabilitas Internasional I Belanja yang Tidak Efisien dan Efektif Harus Dihentikan

Konflik Membuat Ekonomi Global Semakin Terbebani

Foto : Sumber: BPS - KORAN JAKARTA/ONES
A   A   A   Pengaturan Font

» Tingginya tensi konflik di beberapa negara, disusul konflik-konflik baru menambah berat beban ekonomi global.

» Beberapa kebijakan pemerintah yang seharusnya counter cylical justru dikhawatirkan menekan konsumsi.

JAKARTA - Perekonomian global semakin terbebani oleh stabilitas ekonomi politik internasional yang kurang kondusif dan penuh dengan ketidakpastian. Hal itulah yang menjadi alasan banyak lembaga internasional termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa memperkirakan prospek ekonomi global 2024 semakin suram.

Pakar Hubungan Internasional dari Universitas Brawijaya, Malang, Adhi Cahya Fahadayna, yang diminta pendapatnya, membenarkan proyeksi suram PBB tersebut. Menurut Adhi, penurunan bukan sekadar akibat perlambatan perdagangan, tapi turut didorong oleh stabilitas politik dan keamanan di dunia yang menurun.

"Kondisi ekonomi global memang akan memburuk. Hal ini disebabkan oleh belum pulihnya kondisi ekonomi akibat pandemi Covid-19 beberapa tahun belakangan. Belum pulih benar dari pandemi, kemudian sudah disusul dengan tren memburuknya stabilitas politik dan keamanan di dunia," kata Adhi.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Vitto Budi
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini, Selocahyo Basoeki Utomo S, Eko S

Komentar

Komentar
()

Top