Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Angka Pengangguran

Kondisi Ketenagakerjaan Belum Pulih

Foto : Sumber: BPS – Litbang KJ/and - KJ/ONES
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pemerintah diminta mempertajam strategi pemulihan ekonomi nasional agar pertumbuhan lebih berkualitas, sehingga tercipta lapangan kerja yang lebih luas yang menyerap angkatan kerja. Dengan terserapnya angkatan kerja maka angka pengangguran bisa ditekan kembali seperti sebelum pandemi Covid-19.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Soesatyo (Bamsoet), dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (10/5), mengatakan jika menilik data Badan Pusat Statistik (BPS) tentang angka pengangguran di Indonesia pada Februari 2022 mengalami penurunan. Namun demikian, masih lebih tinggi dari kondisi sebelum pandemi Covid-19.

BPS melaporkan jumlah pengangguran di Indonesia sebanyak 8,40 juta orang per Februari 2022 atau turun sekitar 350 ribu orang dari posisi per Februari 2021 yang mencapai 8,75 juta orang.

Kepala BPS, Margo Yuwono, mengatakan penurunan tersebut sejalan dengan tingkat pengangguran terbuka (TPT) secara nasional yang turun dari 6,26 persen pada Februari 2021 menjadi sebesar 5,83 persen pada Februari 2022 atau turun 0,43 persen.

Tingkat pengangguran terbuka merupakan indikator yang digunakan untuk mengukur tenaga kerja yang tidak terserap oleh pasar kerja dan menggambarkan kurang termanfaatkannya pasokan tenaga kerja.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Vitto Budi
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini, Eko S

Komentar

Komentar
()

Top