Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

KLHK Dorong Ojol Pakai Tas Guna Ulang

Foto : ISTIMEWA

tas pakai ulang

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggandeng ojek online (ojol) Gojek, Grab, dan Maxim untuk mengurangi sampah plastik. Dengan memberikan tas guna ulang kepada para pengemudi ojek diharapkan turut mengurangi sampah plastik dari tas plastik makanan yang dipesan konsumen.

"Teman-teman ojek online salah satu ujung tombak pengurangan sampah plastik," ujar Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, Bahan Beracun dan Berbahaya (PSLB3) KLHK, Rosa Vivien Rahmawati, dalam acara webinar "Peluncuran Tas Belanja Guna Ulang," Kamis (18/2).

Ia menambahkan pada saat pandemi Covid-19 seperti sekarang volume sampah plastik meningkat. Maraknya belanja daring dan pembelian makanan melalui fasilitas pesan antar melalui ojol turut mendorong volume sampah plastik.

Mengutip hasil penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) penggunaan jasa layanan antar meningkat dua kali lipat selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini berkontribusi pada semakin banyaknya jumlah sampah plastik.

"Penggunaan tas belanja guna ulang sangat menunjang untuk pengurangan 30 persen lagi, dan saya harapkan juga akan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengurangi sampah plastik," kata Rosa.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : Haryo Brono

Komentar

Komentar
()

Top