Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Konflik Russia-Ukraina - IHSG Tercatat Tumbuh 0,5% selama 25 Februari-11 Maret 2022

Ketidakpastian Global Makin Tinggi

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Volatilitas di pasar modal dan keuangan dipicu pemberian sanksi ekonomi berbagai negara kepada Russia serta diperkeruh dengan kebijakan pengetatan berbagai negara.

JAKARTA - Pemerintah memperingatkan konflik Russia dan Ukraina dapat menciptakan tingginya ketidakpastian, baik pada harga komoditas maupun pasar modal dan pasar keuangan. Meski demikian, sejauh ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak ke arah positif dan nilai tukar rupiah masih relatif stabil di tengah konflik Russia dan Ukraina.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, menilai tingginya ketidakpastian akan menjadi tantangan bagi semua negara yang menavigasi proses pemulihan. Dia menambahkan harga beberapa komoditas saat ini sudah meningkat sangat ekstrem di berbagai belahan dunia.

Pada saat bersamaan, lanjutnya, volatilitas di pasar modal dan pasar keuangan terjadi karena pemberian sanksi ekonomi berbagai negara kepada Russia. Hal tersebut pun diperkeruh dengan kebijakan berbagai negara yang diperketat, mulai dari moneter maupun fiskal.

"Ini semua akan menjadi ancaman yang sangat nyata bagi proses pemulihan ekonomi, baik di negara maju maupun negara berkembang," jelas Menkeu dalam Webinar Fitch on Indonesia 2022, di Jakarta, Rabu (16/3).

Dia menilai global menghadapi cukup banyak risiko ekonomi saat ini, belum ditambah dengan masih adanya pandemi Covid-19 dan gangguan pasokan yang menyebabkan kenaikan inflasi. Karena itu, seluruh dunia saat ini belum bisa secara pasti menerima begitu saja bahwa pemulihan ekonomi akan terus berlanjut dengan kondisi yang masih dipenuhi ketidakpastian.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Muchamad Ismail, Antara

Komentar

Komentar
()

Top