Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
IKN Nusantara

Kemenkeu Upayakan Optimalisasi Aset Negara Usai Kepindahan IKN

Foto : istimewa

IKN Nusantara

A   A   A   Pengaturan Font

“Terkait dengan kepindahan ibu kota negara, kita melihat apakah sebetulnya aset pemerintah pusat yang merupakan BUMN itu cukup signifikan untuk bisa membantu me­ngonsolidasikan kepentingan yang lebih besar."

JAKARTA - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) serta para ahli tengah berupaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan aset negara di Jakarta setelah perpindahan ibu kota negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim).

"Terkait dengan kepindahan ibu kota negara, kita melihat apakah sebetulnya aset pemerintah pusat yang merupakan BUMN itu cukup signifikan untuk bisa membantu mengonsolidasikan kepentingan yang lebih besar," kata Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu Rionald Silaban dalam seminar yang dipantau virtual di Jakarta, Senin (23/10).

Dalam seminar internasional Hari Kekayaan Negara tentang Reimagining Jakarta Future, Rionald menuturkan terdapat banyak aset badan usaha milik negara (BUMN) di Jakarta, dan aset-aset tersebut rawan pendudukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, sehingga perlu strategi untuk bisa mengatasi persoalan tersebut.

"Di Jakarta banyak aset BUMN. Unfortunately, terhadap aset-aset BUMN itu bisa dilakukan pendudukan dan kita sulit menertibkannya, dan tentu menertibkannya tidak hanya DJKN tapi harus semua pihak," ujarnya.

Ia berharap diskusi tersebut bisa menghasilkan ide dan pemikiran terbaik untuk dapat lebih mengoptimalkan nilai atau dampak pemanfaatan aset negara di Jakarta sekaligus membantu Pemerintah DKI Jakarta melakukan rekonfigurasi ketika diperlukan setelah perpindahan ibu kota negara.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Sriyono
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top