Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Kasus Covid Tinggi Tetapi Bali Dibuka

Foto : ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/wsj

Calon penumpang pesawat udara berjalan masuk ke Terminal Keberangkatan Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Minggu (2/1/2022). Pengelola Bandara I Gusti Ngurah Rai memperkirakan puncak arus balik libur Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 terjadi pada Minggu (2/1) dengan perkiraan sekitar 15 ribu orang penumpang yang meninggalkan Bali menuju berbagai kota di Indonesia.

A   A   A   Pengaturan Font

Memang kunci supaya tidak terpapar virus Covid-19 adalah vaksinasi dan selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Namun ada juga baiknya pemerintah membatasi pintu gerbang penerbangan internasional dan membatasi kegiatan yang ­berpotensi ­terjadi kerumunan.

Kasus Covid di Indonesia kembali tinggi. Pada 1 Februari 2022, terdapat 16.021 orang yang dinyatakan positif Covid-19. Angka ini merupakan yang tertinggi di 2022, bahkan dalam enam bulan terakhir.

Dari jumlah tersebut, Provinsi DKI Jakarta mendominasi angka tambahan kasus harian terkonfirmasi Covid-19, yakni 6.391 pasien. Berturut-turut kemudian Jawa Barat 4.249 pasien, Banten 2.463, Jawa Timur 760 kasus, dan Bali yang bertambah 715 pasien baru.

Jumlah ini kemungkinan akan terus bertambah terutama dengan munculnya varian baru virus Covid-19, Omicron. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memperkirakan lonjakan kasus Covid-19 akan terjadi pada Februari 2022. Untuk itu IDI meminta para tenaga kesehatan (nakes) bersiap menghadapi ancaman lonjakan kasus tersebut.

Dengan kondisi seperti itu, Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) dan juga epidemiolog Dicky Budiman meminta Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Jakarta diminta dihentikan 100 persen. Dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersiap melakukan evaluasi terhadap aturan pelaksanaan PTM.

Di sisi lain, Menteri Koordinator Bidang kemaritiman dan Investasi selaku Wakil Ketua Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa pintu masuk internasional di Bali akan dibuka kembali pada tanggal 4 Februari. Pembukaan tersebut terbatas bagi pelaku perjalanan luar negeri nonpekerja migran Indonesi. Tujuannya untuk kembali menggencarkan ekonomi Bali yang sangat terdampak akibat pandemi Covid-19.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Koran Jakarta
Penulis : Koran Jakarta

Komentar

Komentar
()

Top