Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Pengembangan SDM

Kampus Harus Hasilkan Wirausahawan Andal

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

YOGYAKARTA - Perguruan tinggi di Indonesia jangan hanya menyiapkan lulusan sebagai pencari kerja, tetapi juga harus bisa menghasilkan wirausahawan yang andal.

"Perguruan tinggi harus bisa menghasilkan wirausahawan yang andal. Jangan lagi menyiapkan para lulusan sebagai para pencari kerja, karena peran itu, perlahan mulai tergantikan oleh sekolah menengah kejuruan," kata Deputi bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Koperasi dan UKM, Rulli Nuryanto, dalam sambutannya pada acara Dies Natalis Instiper Yogyakarta Ke-61, di Grha Instiper, Yogyakarta, Selasa (10/12).

Menurut dia, perguruan tinggi harus mengembangkan cara-cara baru, nilai-nilai baru, sebagaimana ditegaskan Presiden Joko Widodo dalam pidato pelantikannya 20 Oktober lalu. Selain itu, perguruan tinggi harus mulai berinovasi bukan hanya sekadar mengajarkan pengetahuan.

Dia menjelaskan perguruan tinggi di Amerika dan Eropa hampir seluruhnya menyisipkan materi entrepreneurship pada setiap mata kuliahnya. Demikian juga dengan negara-negara di Asia, seperti Jepang, Singapura, dan Malaysia yang menerapkan materi-materi entrepreneurship minimal di dua semester.

"Hal Itulah yang menjadikan negara-negara tetangga kita tersebut melakukan lompatan panjang dalam meningkatkan pembangunan negaranya. Dan saat ini, beberapa perguruan tinggi di Indonesia juga sudah mulai bergerak ke arah entrepreneurial university," katanya.
Halaman Selanjutnya....

Penulis : Eko S

Komentar

Komentar
()

Top