Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Konflik di Myanmar

Junta Gempur Kota Rakhine

Foto : MyanmarNow/thekokang
A   A   A   Pengaturan Font

Militer Myanmar melancarkan serangan berkelanjutan yang melibatkan jet tempur untuk mendapatkan kembali kendali atas sebuah kota penting dari kelompok etnis minoritas bersenjata, kata para pejuang dan penduduknya pada Rabu (29/11).

BANGKOK - Militer Myanmar melancarkan serangan berkelanjutan yang melibatkan jet tempur untuk mendapatkan kembali kendali atas sebuah kota penting dari kelompok etnis minoritas bersenjata, kata para pejuang dan penduduknya pada Rabu (29/11).

Tentara Arakan bergerak ke Pauktaw, sebuah kota berpenduduk 20.000 orang yang dekat dengan pelabuhan laut dalam yang penting di ibu kota Negara Bagian Rakhine barat, pada tanggal 15 November. Hal ini membuka front baru dalam serangan yang dilakukan oleh aliansi kelompok etnis minoritas di Myanmar utara yang telah mengejutkan junta negara tersebut, memutus jalur perdagangan ke negara tetangga Tiongkok dan menyebabkan lebih dari 330.000 orang mengungsi sejak bulan lalu.

Pauktaw telah menjadi salah satu medan pertempuran utama dan penduduk yang dihubungi olehAFPpada Rabu melaporkan pertempuran sengit di dalam dan sekitar kota, yang berjarak 25 kilometer dari Sittwe, ibu kota negara bagian tersebut.

"Mereka (junta) terus menerus menembakkan senjata berat ke kota itu," kata seorang warga kepadaAFPmelalui telepon, yang meminta tidak disebutkan namanya karena alasan keamanan.

"Kemarin sebuah jet tempur menjatuhkan dua bom yang memicu kebakaran," kata seorang warga yang mengatakan mereka berlindung di desa terdekat, dan menambahkan bahwa kebakaran masih terjadi.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top