Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Pertemuan Bilateral

Jakarta-Melbourne Kerja Sama Soal Perubahan Iklim

Foto : ANTARA/HO-Pemerintah Provinsi DKI

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kanan) dan Wali Kota Melbourne Sally Capp dalam Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim - COP 28 di Dubai, Sabtu (2/12).

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Jakarta dan Melbourne, Australia, akan mejalin kerja sama untuk mengatasi perubahan iklim. Selain itu, juga kerja sama bidang-bidang lain. Sebab kedua kota memiliki problem kurang lebih sama seperti masalah banjir dan kenaikan permukaan air laut.

Hal ini mengemuka usai pertemuan bilateral penjabat Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono dan Wali Kota Melbourne Sally Capp di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim - COP 28 di Dubai, Uni Emirat Arab, Sabtu (2/12).

Keduanya berdiskusi mengenai banjir hingga perubahan iklim untuk menjajaki rencana kerja sama. "Ditemukan fakta bahwa Melbourne dan Jakarta menghadapi tantangan serupa seperti banjir, kenaikan permukaan air laut, dan perubahan iklim," kata Heru, di Jakarta, Senin (4/12).

Lebih jauh, Heru menjelaskan kedua pihak menyampaikan berbagai upaya dalam menghadapi tantangan seperti pembangunan urban berkelanjutan dan aksi mitigasi perubahan iklim. Mereka juga membahas pertukaran magang para pegawai pelayan publik dan penjajakan hubungan antarkota bersaudara (sister cities).

Dari pertemuan, Heru mengaku belajar dari Melbourne mengenai operasional Kantor Wali Kota setempat yang telah menggunakan energi terbarukan 100 persen. Ini sejalan dengan Indonesia yang telah meresmikan Pasar Karbon dan Nilai Ekonomi Karbon di tingkat nasional guna menekan emisi gas rumah kaca dan sekaligus mitigasi perubahan iklim.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : Aloysius Widiyatmaka

Komentar

Komentar
()

Top