Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Antisipasi Covid-19 | Jangan Sampai Keadaan Memaksa Hentikan Kegiatan

Isolasi Mandiri Harus Dilakukan dengan Disiplin Tinggi

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

Social distancing mesti dimengerti oleh masyarakat, termasuk mematuhi langkah-langkah untuk menjaga jarak.

JAKARTA - Guna menghindari cepatnya penyebaran virus Covid-19, semua warga negara diminta dengan sadar mengurangi kegiatan di luar rumah. Jangan sampai keadaan yang memaksa masyarakat menghentikan kegiatan di luar rumah karena sudah tingginya angka jumlah penderita.

"Isolasi mandiri atau social distancing itu kunci hindari tersebarnya paparan, itu harus segera dilakukan, jangan sampai menunggu krisis yang lebih besar," kata pengamat sosial UGM, Muhammad Najib, saat dihubungi, Selasa (17/3).

Menurutnya, pemerintah harus berkali-kali dan berulang-ulang mengingatkan pentingnya isolasi diri melalui berbagai media yang ada. Tentunya ini harus diimbangi dengan tingkat kepatuhan tinggi dari segenap awarga. "Tak mungkin pemerintah tangani ini semua tanpa kerja sama dengan rakyat, terutama di kota-kota besar. Isolasi diri sendiri harus ada disiplin dan tingkat kepatuhan yang tinggi" kata Najib.

Ia menjelaskan, jangan sampai terjadi siswa sekolah yang diliburkan malah jalan-jalan di tempat wisata atau ke pusat perbelanjaan. "Kalau itu yang dilakukan, self isolation itu bukan hanya gagal, malah bisa-bisa orang tersebut membawa penyakit ke kantor," ujarnya.
Halaman Selanjutnya....

Penulis : Eko S, Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top