Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Kesepakatan Multilateral

Iran Ancam Lanjutkan Program Nuklir

Foto : AFP/Andrea s SOLARO
A   A   A   Pengaturan Font

NEW YORK - Iran mengatakan siap untuk melanjutkan program nuklirnya termasuk pengayaan uranium bagi memproduksi senjata nuklir, jika Amerika Serikat (AS) keluar dari kesepakatan nuklir 2015. Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, dalam acara wawancara di jaringan stasiun CBS, Face the Nation, Minggu (22/4).

"Presiden Iran, Hassan Rouhani, telah mewanti-wanti bahwa Washington DC akan menyesali jika mundur dari kesepakatan nuklir, dan Iran akan segera meresponsnya dalam kurun waktu sepekan saja," kata Menlu Zarif.

Sebelumnya Presiden AS, Donald Trump, telah menentukan tengat waktu hingga 12 Mei bagi Eropa agar memperbaiki kesepakatan nuklir Iran. Dalam kesepakatan itu disetujui bahwa Iran harus mengakhiri program nuklirnya dengan imbalan pelonggaran sanksi ekonomi.

"Jika putusan Presiden Trump secara resmi mundur dari kesepakatan, maka Iran akan mengambil keputusan yang mentaati maupun diluar kesepakatan 2015," imbuh Menlu Iran.

Dalam penjelasannya, Menlu Zarif menyebut Iran akan bisa segera memulihkan aktivitas nuklirnya dengan kecepatan tak terduga.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top